Home Kendaraan Niaga Truk Mitsubishi Lanjutkan Dominasi Kendaraan Komersial di 2017

Mitsubishi Lanjutkan Dominasi Kendaraan Komersial di 2017

287
0
Penjualan Mitsubishi Fuso 2017

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor dari Mitsubishi FUSO Truck & Bus Corporation (MFTBC) mengakhiri tahun 2017 dengan catatan yang baik. Sepanjang tahun 2017 lalu, Mitsubishi berhasil menjual 42.319 unit truk, mengalami peningkatan hingga 28% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Angka penjualan itu memberikan Mitsubishi Fuso pangsa pasar hingga 45 persen yang menunjukkan dominasi mereka di pasar kendaraan niaga Indonesia.

Duljatmono, Sales & Marketing Director KTB, mengungkapkan bahwa peningkatan ini sudah mulai terasa sejak akhir tahun 2016 lalu dan kondisi ini berlanjut di tahun 2017. “Proyek-proyek pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan pemerintah sangat membantu mendongkrak pasar kendaraan niaga. Ditambah lagi sektor perkebunan kelapa sawit juga ikut menyumbang kenaikan yang cukup signifikan” ungkapnya.

Sektor lain yang berkontribusi besar terhadap penjualan Mitsubishi FUSO adalah sektor logistik untuk consumer goods. “pertumbuhan sektor logistik cenderung stabil mengikuti pertumbuhan pasar, namun sektor inilah yang menjadi penyumbang terbesar terhadap angka penjualan Mitsubishi FUSO” tambah Duljatmono.

Jika dirinci lebih detil, segmen light duty truck menyumbang kontribusi terbesar dimana produk Colt Diesel berhasil membukukan penjualan sebanyak 38.116 unit dengan pangsa pasar mutlak mendominasi 58% pasar pada kategori yang sama. Sedangkan di segmen medium & heavy duty truck, produk FUSO, New FUSO dan Tractor Head penjualannya sebesar 4.203 unit dengan pangsa pasar 19%.

Dilihat dari data tersebut, jelas terlihat bahwa dominasi mutlak Colt Diesel masih memimpin, menguasai lebih dari setengah pasar di segmen light duty truck. Sedangkan di segmen medium & heavy duty truck, KTB akan gencar mengupayakan perolehan market share yang lebih besar lagi. Untuk itu di tahun 2018 KTB akan melakukan banyak peningkatan di segmen ini, salah satunya dengan mempersiapkan produk-produk baru yang menyesuaikan kebutuhan pasar.

Kondisi baik selama tahun 2017 tentu disambut dengan meluncurkan berbagai strategi, dan juga beberapa pencapaian penting selama tahun 2017, diantaranya: pencapaian rekor penjualan Colt Diesel 1 Juta Unit yang mendapat rekor MURI sebagai “Truk Dengan Penjualan Terbanyak di Indonesia”, menunjuk Iwan Fals sebagai duta merek Mitsubishi FUSO, serta restrukturisasi organisasi perusahaan dimana KTB berfokus pada bisnis kendaraan niaga, peluncuran produk Colt Diesel Terpanjang di Dunia, produksi Colt Diesel edisi 1.000.000 unit, serta berbagai event temu konsumen yang rutin diselenggarakan KTB di seluruh Indonesia seperti Truck Campaign & FUSO Gathering, Roadshow Mitsubishi FUSO & Iwan Fals di 10 kota, serta kampanye sosial peduli supir truk melalui #Terimakasihsupirtruk dan #FUSOkontribusi untuk beasiswa pendidikan anak-anak supir truk.

Pencapaian selama tahun 2017 menjadi penyemangat KTB untuk mengejar target yang lebih besar lagi di tahun 2018. KTB optimis dengan pertumbuhan dan kondisi ekonomi Indonesia saat ini, Mitsubishi FUSO mampu meningkatkan kinerja penjualannya lebih baik lagi di tahun 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here