Produsen Bus Ini Gandeng BMW Group

    183
    0
    Bus Jest electric dan BMW i3

    MUNICH — BMW i terus mendorong perluasan aplikasi teknologi penggerak bebas-emisi (emissions-free drive technology) salah satunya dengan mendukung transportasi umum.

    Baru-baru ini BMW Group (induk perusahaan dari BMW i) bersepakat dengan produsen bus asal Turki, Karsan. Dalam kesepakatan tersebut, BMW i akan menyuplai motor listrik dan baterai bertegangan tinggi milik BMW i3 kepada Karsan untuk dipakai oleh bus Jest electric.

    Jest electric diproduksi di Bursa, Turki, dan dirancang beroperasi di dalam kota. Rencananya bus ini akan dipasarkan di luar Turki.

    Baterai lithium-ion yang memiliki dimensi compact dan berat ringan membuatnya cocok untuk berbagai macam aplikasi. Baterai tegangan tinggi terdiri dari 8 modul yang terdiri dari 12 sel masing-masing dan menyediakan kapasitas hingga 44 kilowatt-jam (kWh). Dengan kombinasi dua baterai tegangan tinggi, prototipe pra-seri listrik Karsan Jest mencapai kapasitas 88 kwh dan dengan daya jelajah 210 kilometer. Ketika baterai digunakan pada layanan terjadwal, berarti bus kota dapat bergerak selama 18 jam tanpa berhenti.

    Ukuran compact motor listrik dan baterai juga menguntungkan dalam hal ruang interior. Berukuran sekitar enam meter (panjang), Karsan Jest menawarkan ruang untuk hingga 26 penumpang – empat orang lebih banyak dari versi model sebelumnya yang bermesin konvensional. Bus kota ini menawarkan lantai rendah yang memberikan penumpang dengan akses kursi-roda nyaman.

    Transportasi umum merupakan langkah terbaru dari BMW i dalam mempromosikan emissions-free drive technology. Sejak tahun lalu, misalnya, BMW i telah menyediakan teknologi penyimpanan energi untuk mobilitas bebas-emisi lokal ke Streetscooter GmbH, 100 persen anak perusahaan dDeutsche Post. Modul baterai BMW i memungkinkan skuter bergerak sepanjang hari untuk mengirim surat dan paket tanpa perlu pengisian sementara.

    Baterai tegangan tinggi yang dikembangkan untuk BMW i3 juga memasok energi untuk mobilitas berkelanjutan di air, sebuah proyek yang juga dimulai pada tahun 2017. Perusahaan Torqeedo – pemimpin global dalam pembuatan penggerak perahu – menggunakan baterai sebagai sumber energi untuk motornya.

    Selain itu baterai BMW i ditaruh sebagai unit penyimpanan energi stasioner untuk daya yang dihasilkan dari sumber energi terbarukan, yaitu pembangkit listrik tenaga angin dan matahari. [Itn]

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here