Home Rest Area Truk Berhidung Pesek Tandai Sejarah Kendaraan Niaga Mercedes-Benz

Truk Berhidung Pesek Tandai Sejarah Kendaraan Niaga Mercedes-Benz

311
0
Mercedes-Benz L 337

STUTTGART — Enam puluh tahun lalu, bab yang menentukan sejarah kendaraan komersial Mercedes-Benz dimulai. Pada 5 Maret 1959, produsen otomotif asal Stuttgart ini meluncurkan truk “berhidung pendek” model L 322 dan L 327 (kelas berat-sedang) serta L 337 (kelas berat).

Kendaraan berhidung pendek yang secara internasional sangat sukses dan penting untuk strategi kemudian Daimler-Benz AG untuk internasionalisasi setelah Perang Dunia Kedua.

Truk berhidung pendek terus diproduksi hingga 1990-an. Secara total, hampir satu juta kendaraan berhidung pendek dirakit.

Saat itu, Mercedes-Benz berhasil mengarahkan jalan tengah dengan generasi truk yang sama sekali baru karena pada umumnya kendaraan komersial klasik memiliki kap mesin panjang dan sayap berdiri sendiri serta mesin mesin terletak sepenuhnya di bawah kabin.

Di sini, mesin Mercedes-Benz hanya sebagian di bawah kabin dan kendaraan memiliki bagian depan yang mencolok dengan kap pendek dan bundar. Desain kendaraan berhidung pendek dengan lampu depan dan sayap yang tidak terpisahkan jelas mengambil elemen gaya dari sedan-sedan Mercedes-Benz saat itu.

Model L 322, L 327 diproduksi di pabrik Mannheim. L 337 dengan kap yang lebih panjang sekitar 300 milimeter yang bermain di heavy duty diproduksi di pabrik Gaggenau. [Itn]