Home Solusi Bisnis Fuso Kenalkan Truk Konsep Medium Duty CNG

Fuso Kenalkan Truk Konsep Medium Duty CNG

1601
0

OTONIAGA.com – Mitsubishi Fuso memperkenalkan konsep truk kelas menengah yang ditenaga dengan compressed natural gas atau CNG pada Advanced Clean Transportation (ACT) Expo di Cong Beach, California.

Kendaraan konsep itu bernama Fuso FE CNG. Truk direncanakan hadir sebagai kendaraan medium duty untuk sejumlah kegiatan, mulai dari pengiriman makanan, kargo, dan konstruksi.

Fuso menghadirkan FE CNG dengan bekerjasama bersama penyedia energi alternatif, Agility Fuel Solutions. Truk sendiri dibangun dengan basis Fuso FE Gas yang sebelumnya telah diperkenalkan di Work Truck Show di Indianapolis pada Maret yang lalu.

Agility menghadirkan dua sistem CNG di bagian samping truk dan komponen lain yang menyuplai bahan bakar CNG ke mesin 6 liter V8 dari General Motors. Menggunakan sistem bahan bakar baru, truk diklaim mampu berjalan hingga 190 miles (305 km).

Dengan kerjasama bersama Agility membawa pilihan CNG yang terpercaya bagi konsumen Fuso, kata Jasmin Kluge, project manager untuk bahan bakar alternatif di Fuso.

“Manfaat tambahan adalah total keuntungan biaya kepemilikan: biaya bahan bakar yang lebih rendah, lebih sedikit perawatan, lebih sedikit emisi dan lebih sedikit kebisingan, membuat kendaraan solusi tepat bagi operator dan pemeliharaan lingkungan,” kata Kluge.

Beberapa operator di Amerika dikatakan lebih memilih truk CNG karena menghasilkan emisi yang lebih rendah dibandingkan dengan kendaraan bensin dan diesel. FE CNG dikatakan memiliki emisi lebih rendah 15 – 20 persen. Selain itu, kendaraan juga mengurangi jumlah emisi Nitrogen (NO2) dan sulfur (SO2).

Penggunaan CNG pada medium truk sendiri dikatakan Fuso memiliki potensi perkembangan yang baik. Saat ini sudah lebih dari 160.000 unit truk CNG beroperasi di Amerika Serikat dan lebih dari 1.600 stasiun pengisian tersedia.

Fuso dan Agility akan melakukan tes dan studi pasar untuk menentukan langkah selanjutnya. Agility bisa menyediakan sistem CNG aftermarket pada tahun 2020.

“CNG adalah pilihan yang sangat baik untuk armada pengiriman ke gudang dan perkotaan, dengan total biaya kepemilikan yang menarik,” kata Brad Garner, president powertrain system dari Fuso.