Home Kendaraan Truk Hino Profia Truk Hybrid Pertama di Dunia Dilengkapi dengan AI

Hino Profia Truk Hybrid Pertama di Dunia Dilengkapi dengan AI

279
0
Hino Profia Hybrid
Hino Profia Hybrid

OTONIAGA.com – Hino Motors rencananya akan meluncurkan truk hybrid heavy duty, Hino Profia oada Juni 18 2019 mendatang. Truk ditawarkan dengan harga 22.750.200 yen atau setara Rp 2,999 miliar.

Truk Hino Profia juga menjadi truk hybrid pertama yang dilengkapi dengan AI, mengurangi konsumsi bahan bakar pada truk heavy duty yang biasa digunakan di jalan tol. Dengan menggunakan navigasi untuk mengumpulkan informasi terkait kondisi jalan hingga 100 km ke depan, AI akan memilih skenario terbaik jalan yang bisa dilalui. Selain itu, data akan terus diupdate setiap 10 untuk mendapatkan hasil konsumsi bahan bakar terbaik.

Selain itu, truk juga dilengkapi dengan sejumlah fitur keamanan canggih seperti Pre Collision System (PCS) monitor yang mencegah terjadinya kecelakaan sebagai fitur standar.

Konsumsi bahan bakar tersebut diraih dari mesin A09C bertenaga 279 kW (380 PS) yang dipadukan dengan transmisi HV AMT. Profia Hybrid juga menggunakan baterai Lithium-ion dan mengandalkan fitur regenerative braking yang juga makin menghemat konsumsi bahan bakar truk.

Hino Profia hybrid dikatakan memiliki konsumsi bahan bakar 4,75 km per liter, yang mana lebih hemat 17,5 persen dibandingkan dengan konsumsi rata-rata truk heavy duty (lebih dari 20 ton hingga 25 ton) yang berada di angka 4.04 km per liter.