Home Kendaraan Niaga Pasar Pickup 1-ton Menjanjikan, Renault Alaskan Bersiap

Pasar Pickup 1-ton Menjanjikan, Renault Alaskan Bersiap

512
0
Renault Alaskan

PARIS – Renault Alaskan bersiap menghadapi Mitsubishi Triton, Toyota Hilux, Ford Ranger, Chevrolet Colorado dan saudaranya sendiri Nissan Navara.

Sosoknya mirip Nissan Navara karena mereka berbagi platform. Renault Alaskan akan diposisikan sebagai pickup truck 1-ton, sekaligus kakak dari Renault Duster Oroch – berbasis Duster – pickup 500kg – ini sekaligus menyatakan bahwa Alaskan menjadi model pertama Renault di segmen Pickup 1-ton.

Renault akan menjual Alaskan ke berbagai kawasan, namun Amerika Latin menjadi sasaran pertamanya. Strategi ini dibuat karena pasar pickup di Amerika Latin sedang bagus. Segmen 1-ton pickup menguasai 45% dari total segmen LCV (light commercial vehicle). Volume penjualan LCV Renault di kawasan tersebut dalam 1 dekede ini naik 3 kali.

Penciptaan Renault Alaskan didasari atas strategi penyerangan Grupe Renault. Pada tahun lalu, penjualan LCV Grupe Renault naik 12,4% menjadi 387000 unit dibandingkan tahun sebelumnya.

Beberapa modal lain yang membuat Renault percaya diri untuk masuk ke segmen baru ini karena mengklaim sebagai pemimpin pasar LCV dalam 18 tahun terakhir di Eropa serta telah menggandeng banyak mitra (Daimler, Renault Trucks, Nissan, GM dan Fiat).

Renault memprediksi pickup 1-ton akan tumbuh 19% dari tahun 2014 – 2019. Pickup 1-ton sendiri memiliki pangsa pasar 17% dari penjualan LCV di dunia.

Renault mencangkokkan mesin diesel 2.3-liter 4-silinder dCi twin-turbo bertenaga 160 hp dan 190 hp. Katanya mesin tersebut paling irit dan paling rendah emisi CO2-nya dan bisa ditemui di Renault Master. Satu lagi adalah mesin bensin 2.5-liter dengan tenaga 160 hp.

Para calon konsumen bisa memilih varian 2-wheel-drive atau 4-wheel-drive, dengan transmisi manual atau otomatis.

Varian 4WD ditunjang oleh Electronic Limited Slip Differential (eLSD) agar Anda merasa lebih aman. eLSD berfungsi meningkatkan traksi dan memberikan kestabilan saat menikung dengan memperlambat (menerapkan rem) putaran salah satu dari dua axle berputar lebih cepat. Varian ini pun dilengkapi dengan rear-locking differential.

Renault menginformasikan bahwa Hill Start Assist, Hill Descent Control, ABS, EBD, BA dan ESP akan tertanam di Renault Alaskan.

Renault akan memproduksi Alaskan di beberapa negara: Mexico (Cuernavaca), Spanyol (Barcelona), dan Argentina (Cordoba).

Alaskan diambil dari kata “Alaska” yang berasal dari suku Aleut. “Alaska” berarti “Great Land” – alam liar, keras dan mengundang kita untuk berpetualang. [Itn]

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here