Home Kendaraan Niaga Truk Keunggulan Tata Ultra, Andalan Baru Tata Motors di Indonesia

Keunggulan Tata Ultra, Andalan Baru Tata Motors di Indonesia

1143
0
Tata Ultra 1012 GIIAS 2016

Tangerang – PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), telah meluncurkan truk Tata Ultra 1012 dalam Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2016. Presiden Direktur Tata Motors Distribusi Indonesia, Biswadev Sengupta membeberakan sejumlah keunggulan truk anyar itu.

“Tata Ultra memiliki lima keunggulan, yaitu ultraversatile, ultrastyle, ultra performance,ultracomfort, dan ultrasafe,. Selain itu Tata Ultra juga memiliki total cost of ownership yang paling rendah jika dibanding model sejenis di kelasnya,” tuturnya saat ditemui di booth Tata Motors di GIIAS 2016, ICE Serpong, Tangerang.

Dia menyebut, keunggulan ultraversatile adalah variasi aplikasi yang ada di kendaraan itu. Tata Ultra dirancang dengan pertimbangan teknis untuk mengakomodasi karoseri. Dengan kapasitas 4-7 ton karena memiliki ukuran dimensi lebar bak 2,2 meter dan panjang 4-6 meter.

Interior Tata Ultra 1012
Interior Tata Ultra 1012

Tata Utra juga disebut memiliki keunggulan ultrastyle karena menciptakan standar baru di segmen kendaraan komersial ringan. Walhasil, truk ini memiliki biaya terendah, namun dengan fitur keamanan , dan kenyamanan yang baik.

Sementara keunggulan ultraperformance bisa dilihat dari performa mesin yang diusungnya. Mesin diesel Tata 497 TCIC 3.783 cc mampu menyemburkan tenaga hingga 125 PS pada 2400 rpm dan torsi 400 Nm pada 1300-1500 rpm. Torsi ini diklaim paling besar di kelasnya.

Menariknya, semburan tenaga dan entakan torsi sebesar itu digunakan untuk membopong kendaraan dengan Gross Vehicle Weight (GVW) kurang lebih 10 ton. Artinya, kemampuan angkut truk ini akan jauh lebih besar.

Untuk menyalurkan tenaga ke roda Tata Ultra menggunakan transmisi G-550 manual enam tingkat percepatan dengan overdrive (OD).

Adapun desain interior kabinnya mencermikan kenyamanan dan keselamatan. Lantaran itulah, Tata Motors menyebutnya sebagai keunggulan ultracomfort . Hal itu terlihat nyata dari desain kokpit yang menarik, aman, nyaman, dan fungsional.

Terlebih jarak pandang pengemudi juga luas sehingga bisa mengontrol dengan baik laju kendaraan maupun di saat ingin bermanuver. Sebab, pengemudi bisa memperkirakan berbagai sudut di sekeliling truk yang dikemudikannya.

Fitur seat adjuster, steering adjuster, dan weight control seat.Terl;ebih kehadiran power steering meringankan beban pengemudi karena roda kemudi se,makin ringan.

Fitur lain yang tak kalah penting dalam menunjang kenyaman dan keselamatan adalah tilt and telescopic collapsible steering. Dengan fitur ini, pengemudi bisa mengoptimalkan stabilitas kala memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi.

Tata Ultra 1012
Tata Ultra 1012

Apalagi, Tata Motors juga menyematkan perangkat sistem suspensi parabolic leaf spring bagian depan dan semieliptic leaf pada bagian belakang. Keduanya dilengkapi shock absorber dan rubber bushing.

Joknya terdiri dari tiga buah berjajar – satu sopir dan dua penumpang – bisa diatur maju dan mundur sedemikian rupa. Bahkan sandarannya bisa diatur sesuai kebutuhan dan keinginan sehingga member kenyamanan di saat perjalanan.

Adapun keunggulan ultrasafe yang ditawarkan terlihat dari pemakaian full air brake dan ban radial tubeless. “Ini merupakan truk ringan pertama yang menggunakan pengereman udara full air brake,” ucap Biswadev.

Sedangkan ban radial yang menawarkan daya cengkeram kuat mendukung tingkat keamanan kendaraan saat digunakan. Terlebih, pada truk itu, Tata Motors juga menanam fitur neutral switch, side beam impact, dan three points active retractable safety belt.Chassis truk, dan teknologi rolled frame dengan material high tensile. (Ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here