Home Kendaraan Niaga Bus Dukung Mobilitas Masyarakat, Singapura Pesan Seratusan Bus Tingkat MAN

Dukung Mobilitas Masyarakat, Singapura Pesan Seratusan Bus Tingkat MAN

533
1
bus tingkat

Singapore – Untuk mendukung mobilitas masyarakat, Otoritas Transportasi Darat Singapura memesan 122 bus tingkat MAN via perusahaan importasi STK.

Bus-bus tersebut berbasis chassis MAN A95 dengan lantai rendah. Setiap bus sanggup membawa 135 penumpang dengan 85 jok (7 di antaranya khusus untuk orang tua). Meski bertubuh raksasa, bus memiliki radius putar 22 meter, di mana tetap lincah bermanuver di negara sekecil Singapura.

Untuk performanya mengandalkan mesin bertenaga 320 hp. Jantung mekanis yang memenuhi standar EURO 5 ini dikencani oleh transmisi ZF Ecolife 6-speed.

Dimensi panjang bis tingkat ini mencapai 12 meter, lebar 2,55 meter dan tinggi 4,40 meter. Meski dipakai di Singapura, standar keselamatannya mengikuti Eropa, misalkan saja terdapat wheelcair bay (daerah khusus untuk menyimpan kursi-roda) di lantai bawah.

Setiap bus dibekali dengan electronic braking system (EBS) dengan ABS, ASR serta electronic stability program (ESP).

Kenyamanan tidak hanya menjadi milik para penumpang karena pengemudi pun dapat menikmati kenyamanan yang cukup. Desain tempat kerjanya (kokpit) mengingatkan kita pada mobil-mobil berkualitas tinggi. Semua kontrol diposisikan dan diatur sedemikian rupa agar mudah dijangkau. Instrumen dapat dikenali dengan baik ketika siang hari dan malam hari. Sebuah monitor terbelah menyediakan pemantauan simultan dek atas dan bawah.

Oiya, untuk mewujudkan bis tingkat ini, sebuah perusahaan karoseri asal Malaysia Gemilang Coachwork ditugasi untuk membuat tubuh bus tingkat ini dari alumunium. Desain bus tingkat dikerjakan oleh tim MAN Trucks & Bus yang berkedudukan di Munich.

Bisnis MAN sendiri di Singapore terbilang sukses. Sejak pesanan-pesanan pertama lima tahun lalu, penjualan armada MAN sudah mencapai 950 bis. [itn]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here