Home Kendaraan Niaga Pickup MMI Berhenti Operasi, Suku Cadang Mazda BT-50 Dipastikan Aman

MMI Berhenti Operasi, Suku Cadang Mazda BT-50 Dipastikan Aman

1199
0
New Mazda BT-50 - dok,autoevolution

Jakarta – PT Mazda Motor Indonesia (MMI) akan menghentikan operasinya dalam penjualan dan distribusi kendaraan Mazda di Tanah Air mulai awal 2017 mendatang. Meski begitu, seperti halnya kendaraan Mazda lainnya, layanan penyediaan suku cadang dan servis pickup Mazda BT-50 dipastikan tak akan terpengaruh.

“Dijamin tidak aka nada pengaruh atau masalah bagi para pemilik kendaraan termasuk Pickup Mazda BT-50 untuk mendapatkan layanan spare part (suku cadang maupun service. Karena operasional penjualan dan distribusi akan dilakukan Eurokars dan 45 delaer yang ada siap melayaninya,” tutur salah seorang pejabat di MMI saat dihubungi Otoniaga, Senin (17/10).

Menurutnya, meski populasinya tak terlalu banyak jika dibanding dengan pickup merek lain, namun banyak perusahaan atau pun individu di Tanah Air yang menggunakan pickup Mazda ini. Sejak tahun 2006, lanjutnya, MMI memang lebih fokus ke penjualan kendaraan penumpang ketimbang kendaraan komersial.

Alasannya, laju penjualan kendaraan penumpang tak sesensitif kendaraan komersial terhadap kondisi perekonomian nasional. Lantaran itulah, sejak beberapa tahun terakhir, MMI menjalankan penjualan pickup itu dengan sistem by order, yakni melayani penjualan atas dasar pesanan langsung dari konsumen.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gakindo) menunjukkan, sepanjang tahun 2015 lalu hanya terjual 13 unit saja. Padahal, pada tahun sebelumnya pickup yang diimpor secara utuh dari Rayong, Thailand, ini masih membukukan penjualan 145 unit. Bahkan di tahun 2013 penjualan masih sebanyak 703 unit.

Di Thailand, sejak pertengahan tahun lalu telah beredar versi anyar Mazda BT-50. Pada bagian eksterior New Mazda BT-50 nampak perubahan yang cukup stylish, mulai dari bentuk grill yang mencuatkan kesan agresif.

Bagian kabin pickup itu dibuat lebih luas agar bisa menampung lebih banyak barang bawaan. Ruang itu didominasi warna hitam dan bagian-bagian yang terbuat dari bahan berkualitas. Beberapa bagian seperti glove box 12 liter, floor control, bottle holder, hingga front door pocket dipermanis.

New Mazda BT-50 dibekali mesin disel berkapasitas 2.200 cc. Mesin berkode MZ-DE2.2 tersebut menggunakan teknologi Diesel Turbocharged Common-Rail, Direct Injection yang mampu menyemburkan tenaga hingga 150 PS dan torsi 375 Nm. Pickup ini berpenggerak empat roda. (Ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here