Home Kendaraan Niaga Roda Tiga Diuji Coba Pemkot Bekasi, TVS Optimis Bajainya Sesuai Harapan

Diuji Coba Pemkot Bekasi, TVS Optimis Bajainya Sesuai Harapan

678
0
dok.gammatvs

Jakarta – Pemerintah Kota Bekasi, Selasa (18/10) ini menguji coba angkutan lingkungan roda tiga (Bajai), TVS King, hingga 10 hari mendatang di lokasi perumahan yang belum terjamah angkutan roda empat. PT TVS Indonesia meyakini kendaraan itu bakal memenuhi harapan masyarakat yakni sarana mobilitas yang ramah lingkungan dan tidak memunculkan masalah baru yakni kemacetan.

“TVS Motor melalui distributor TVS King (merek Bajai buatan TVS Motor), PT Gamma Sakti, mencoba memberikan solusi kepada pemerintah kota Bekasi dalam menyediakan angkutan lingkungan di daerah yang belum terjamah angkutan roda empat,” tutur Deputy Manager Corporate Communication PT TVS Motor Company Indonesia, Rio Aditya Putra, kepada Otoniaga melalui pesan singkatnya, Selasa (18/10).

Menurutnya, uji coba itu sekaligus menjadi momen bagi pemerintah kota dalam penataan manajemen moda transportasi sesuai wilayah dan jenis maupun posisi angkutan yakni angkutan lingkungan, angkutan kota, dan angkutan antar kota. Sehingga, lanjutnya, kalau itu dilakukan maka potensi kemacetan bisa dianalisa dengan cepat dan diatasi.

Rio menyebut, Kendaraan roda tiga bermesin 200 cc dengan bahan bakar CNG itu sesuai dengan harapan masyarakat atau semua pemangku kepentingan, yakni ramah lingkungan. Sebab, emisi gas buang yang dihasilkan lebih bersih.

“Sementara, ukurannya yang kompak namun kabinnya bisa untuk mengangkut dua hingga tiga penumpang, sesuai dengan kebutuhan angkutan di lingkungan perumahan hingga titik dimana angkutan kota berada. Oleh karena itu, ujicoba oleh Pemkot Bekasi selama 10 hari, kami rasa akan membuahkan hasil positif,” paparnya.

TVS King-Gammatvs
TVS King-Gammatvs

Jika hasil uji coba positif diharapkan aka nada kerjasama antara koperasi atau paguyuban di daerah tersebut untuk melakukan pengadaan sarana angkutan lingkungan secara massal. “Tetapi untuk urusan bisnis ini, tentunya PT Gamma Sakti yang memiliki otoritas,” ucapnya.

Namun yang pasti, dengan tenaga hingga 6,4 KW pada 5.250 rpm dan torsi 14,5 Nm pada 3.250 rpm, Bajai TVS King dirasa pas sebagai angkutan orang plus barang di lingkungan. “Apalagi harganya juga terjangkau,” kata Rio.

Sebelumnya, Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pagi tadi melakukan uji coba 20 unit Bajai atau angkutan roda tiga TVS King dan dari PT Bajaj RE. Kendaraan tersebut dioperasikan di Perumahan Bekasi Permai, Kelurahan Bekasijaya, Kecamatan Bekasi Timur, serta Kota Bekasi.

Keberadaan angkutan lingkungan itu diharapkan bisa membantu warga perumahan. “Pemerintah daerah berharap dengan 20 bajaj yang diujicobakan ini bisa membantu warga perumahan. Uji coba dilakukan selama 10 hari dan masyarakat yang menggunakannya tidak dipungut biaya,” ujarnya.

Bajai TVS King mulai dipasarkan di Indonesia pada tahun 2014 lalu. (Ara/Ktb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here