Home Rest Area Unimog, dari Mesin Pertanian Hingga Kendaraan Multiguna

Unimog, dari Mesin Pertanian Hingga Kendaraan Multiguna

314
0
Unimog Prorotype I
Unimog Prorotype I

Stuttgart – 9 Oktober 2016 mengingatkan kita kepada peristiwa tujuh puluh tahun silam, ketika Unimog Prototype 1 selesai menjalani test drive.

Chief designer Heinrich Rößler mengendarai prototipe tersebut tanpa tudung mesin dengan membawa potongan-potongan kayu, menjelajahi hutan.

Pengembangannya sendiri berasal dari ide Albert Friedrich, yang bertahun-tahun mengepalai mesin pesawat di Daimler-Benz AG. Pada Juni 1945, Albert kembali ke Stuttgart-Untertürkheim untuk membantu rekonstruksi Perusahaan dan di saat yang sama memberi ide mengenai kendaraan bermotor untuk pertanian.

Pada 4 Agustus 1945, seorang insinyur Daimler-Benz, di bawah Albert, menyusun cetak-biru sebuah kendaraan. Dan pada 7 September 1945 gambar kendaraan tersebut direvisi dan dipamerkan kepada para petinggi Perusahaan. Namun mereka menunjukkan ketertarikan yang kecil.

Meski tingkat minat para direksi masih minim, proyek ini telah diserahkan kepada “Production Control Commission”, di mana diijinkan untuk memproduksi 10 kendaraan uji. Akhirnya pada 25 November 1945 proyek ini mendapat persetujuan dari “Food and Agricultural Group” dari daerah-daerah yang diduduki oleh Inggris dan Amerika Serikat.

Setelah mendapat lampu hijau, Albert meningkatkan kontak dengan perusahaan logam Erhard & Söhne dekat Schwäbisch Gmünd, sehingga pada Desember 1945 departemen “L” department (Landwirtschaft, termasuk pertanian) dapat membuat proyek menjadi kenyataan.

Pada 2 Januari 1946, Heinrich mengambil alih kepemimpinan pengembangan. Dalam beberapa minggu keseluruhan rencana telah jadi dengan mesin dan gearbox ditempatkan di sebelah kanan dan tengah kendaraan. Dengan begitu tabung torsi – yang melindung drive shafts – bisa berada di sudut kanan kedua axle (gandar). Hasilnya kendaraan ini hanya butuh 4 drive joints untuk chassis, dan hingga kini masih digunakan di U 4023/U 5023 series.

Unimog Prototype hanya mampu bergerak hingga 50 kpj; menganut sistem AWD (all-wheel drive); dan differential lock depan dan belakang; power take-off shafts di depan, tengah, dan belakang, power take-off shafts implements, 2 jok.

Istilah Unimog sendiri diciptakan oleh Hans Zabel from Gaggenau yang telah menjadi bagian dari tim pengembangan sejak awal. Pada Maret 1946, dia menyingkat Universal-Motor-Gerät (yang berarti mesin bermotor untuk aplikasi apa saja) menjadi Unimog.

Pada tahun 1954, kendaraan ini telah berkembang dengan pesat di mana menjelma menjadi suatu kendaraan yang bisa dilengkapi dengan 66 peralatan pertanian berbeda.

Hingga kini kendaraan ini telah memiliki lebih dari 30 seri model berbeda. Penjualan Unimog hampir menyentuh 400 ribu unit.

Menurut Daimler, tidak ada kendaraan di dunia seperti Unimog, menjadi kendaraan multiguna, di mana berfungsi sebagai traktor, truk, pemadam kebakaran, kendaraan derek, kendaraan eksplorasi, bus, dan mesin kerja. [Itn]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here