Home Kendaraan Niaga Truk Truk Listrik Tanpa Emisi, FUSO eCanter Debut di Inggris

Truk Listrik Tanpa Emisi, FUSO eCanter Debut di Inggris

324
0

London – Truk full listrik tanpa emisi debut di Inggris pada awal bulan ini di ajang City Expo di Alexandra Palace, London. Versi produksi truk ini juga telah debut dunia di pameran IAA 2016 bulan September lalu. Truk Fuso Canter E-Cell menggunakan empat lithium-ion baterai untuk memberikan tenaga pada permanen-magnet motor listrik untuk menyemburkan daya 110 kW (150 hp) dan torsi puncak 650 Nm.

Chassis mengangkut baterai dengan total kapasitas 48 kWh dan tergantung penggunaan, mampu memberikan truk Canter E-Cell jarak tempuh sekitar 62 miles (100 km) dalam sekali pengisian penuh. Truk ini pertama kali ditampilkan pada pameran IAA International Commercial Vehicle Show, Hannover 2010 lalu dan hingga saat ini FUSO Canter E-Cell terus melalui berbagai tes dalam kondisi ‘dunia nyata’ di Portugal dan belum lama ini di Jerman.

Pada tahun 2014/2015 lalu, kendaraan ini telah menjalani percobaan di Lisbon. Selama 12 bulan masa percobaan itu, truk menempuh jarak 50.000 km, memangkas emisi gas buang CO2 hingga 37 persen dibandingkan mesin diesel. Dari hasil tes, diketahui truk mampu menghemat biaya operasional €1,000 (Rp 14,5 jutaan) per 10,000 km.

Dengan dua pilihan charging yang tersedia, Fuso Canter E-Cell dapat mengisi listrik baterai dengan fast-charged atau charged semalaman. Untuk mengisi baterai, mode fast-charge (dengan daya 360 V/100 A) mampu mengisi daya listrik hingga 80 persen dalam waktu 1 jam. Sedangkan untuk pengisian daya baterai secara standar (230 V/16 A), hingga 100 persen membutuhkan waktu tujuh jam. Truk Fuso listrik ini hadir dengan sistem charging yang sudah standar di Eropa, European Combined Charging System (CCS) Type 2 connector.

Truk listrik Fuso ini menggunakan basis sasis FUSO Canter ber-GVW 6 ton, Fuso E-Cell truk menawarkan daya angkut 3 ton. Dengan ukurannya yang kecil, membuat truk ini cocok untuk digunakan operasi di daerah perkotaan.

Dengan rendahnya suara yang dihasilkan truk, membuatnya makin nyaman digunakan di malam hari atau untuk daerah yang peka terhadap suara. Pada area dengan populasi tinggi, terdapat fitur VSP (Vehicle Sound for Pedestrians) audible warning system yang mengeluarkan bunyi untuk memberikan tanda kepada para pejalan kaki.

Dr Wolfgang Bernhard, Member of the Board of Management of Daimler AG yang bertanggung jawab untuk Daimler Truck pada IAA International Commercial Vehicle Show 2016 mengumumkan generasi ketiga all electric, zero emission Fuso Canter untuk memasuki fase produksi tahun depan. Hadir dengan nama eCanter, dan akan memiliki bobot 7,5 ton. Truk ini akan diproduksi di pabrik FUSO di Tramagal, Portugal. Untuk pasar Inggris, Truk Fuso dijual melalui franchise Mercedes-Benz Commercial Vehicle Dealer Network. (Rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here