Home Kendaraan Niaga Bus Bus Toyota Coaster Mulai Mengaspal di Negeri Kanguru

Bus Toyota Coaster Mulai Mengaspal di Negeri Kanguru

1168
0

Port Melbourne – Setelah dikenalkan pada Desember 2016, akhirnya new Toyota Coaster hadir di Australia.

Seperti yang dijanjikan oleh Toyota, Coaster baru lebih kuat, selamat, nyaman dan lengkap, selain mendapat penyegaran di eksterior dan interior.

Bus berdiri di atas rangka yang lebih kuat dan kaku. Airbag pengemudi dan penumpang depan tertanam di dashboard. Fisik suspensi diperbaiki sementara peredamannya diracik ulang.

Model baru menawarkan 70 mm lebih tinggi dan 45 mm lebih lebar. Para penumpang yang berjalan di gang (lorong) dapat merasakan headroom yang lebih tinggi.

Revisi di bagian eksterior meliputi headlamp, lampu belakang, sepasang pintu belakang dengan pintu darurat, pijakan masuk lebih besar, lampu kabut belakang serta lampu stop yang berada di atas.

Toyota menawarkan kepada para pelanggan 2 varian (Standard & Deluxe). Deluxe menjadi varian tertinggi dengan transmisi otomatis 4-speed dan pintu geser elektrik. Varian standar menyediakan tawaran transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Kini, layout dashboard baru menyediakan ruang kerja lebih fungsional bagi pengemudi termasuk visibilitas lebih baik dan ruang-ruang penyimpanan. Untuk membantu sopir menjalankan tugasnya, Toyota menaruh satu layar-sentuh 6.1” yang menampilkan sistem audio yang bisa memutar CD, menyediakan USB port, dan bisa voice command.

Semua varian dilengkapi dengan kamera belakang, AC, tilt-and-telescopic adjustment untuk batang kemudi, serta tangki BBM (bahan bakar minyak) hingga 95 liter.

Di belakang jok pengemudi terdapat 7 jok ganda di masing-masing sisi dan dipisahkan oleh lorong (2 jok di depan dan 5 jok di belakang pintu samping). Para penumpang kini diuntungkan dengan adanya rak di atas kepala untuk menyimpan tas, sementara gorden tersedia di varian Deluxe.

Warna interior hanya French Vanilla dengan bahan jok tipe Standard adalah PVC dan fabric, sedangkan Deluxe dari fabric.

Sumber tenaganya diperoleh dari mesin 4.0-litre direct-injection turbo-diesel yang bersahabat dengan regulasi emisi Euro 5. Mesin ini mengeluarkan tenaga 110kW (148 hp) pada 2700rpm dan torsi 397Nm pada 1800rpm.

Toyota Coaster generasi pertama dikenalkan di Jepang pada 1963 dengan nama Light Bus. Pada 1969 bus ini mendapat beberapa penyegaran dan namanya menjadi Coaster.

Toyota Coaster mulai dijual di Australia sejak 1977 dengan penjualan kumulatif 20.000 unit. Penjualan kumulatif dunia melewati 550.000 unit.

Harga Toyota Coaster 2017 dari $119,500 – $130,500 (Rp 1.2 miliar – Rp 1.3 miliar). [Itn]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here