Home Kendaraan Niaga Bus Bus Fuel Cell Toyota SORA Mulai Dijual di Jepang

Bus Fuel Cell Toyota SORA Mulai Dijual di Jepang

441
0

Toyota hadirkan bus Fuel Cell (FC), SORA sebagai bus FC pertama di Jepang dengan penjualan sudah dibuka sejak 7 Maret 2018 lalu. 100 unit bus FC rencananya akan diperkenalkan  oleh Toyota untuk Olympics dan Paralympic Games di 2020.

Toyota Fuel Cell System (TFCS) yang dapat dipakai sebagai sumber tenaga.

Bus SORA memiliki dimensi panjang 10.525 mm, lebar 2.490 mm, tinggi 3.350 mm dengan kapasitas 79 penumpang, 22 duduk, 56 berdiri dan 1 kru.

Bus Toyota SORA ini dikatakan hadir dengan desain berbeda dengan bentuk boxy, berbeda dengan bus konvensional. Mengadaptasi LED pada lampu depan dan belakang, dan memiliki desain yang mudah dikenali.

Mengenai teknologi yang digunakan dikatakan mengadaptasi dari kendaraan fuel cell Mirai yang ramah lingkungan dan tidak memiliki emisi CO2 serta berkendara lebih senyap dan getaran. Hadir dengan baterai yang lebih besar dengan kemampuan untuk menghasilkan daya 9 kW dengan daya listrik 235 kWh dan dapat digunakan sebagai sumber tenaga bila terjadi bencana.

Bus ini dilengkapi dengan 8 kamera HD yang ditempatkan di dalam maupun luar yang dapat dipantau pada monitor pengemudi. Tidak hanya itu, ketika memarkir bus dan terdeteksi objek bergerak seperti pejalan kaki dan pesepeda di sekitar akan memberitahu pengemudi dengan suara dan video gambar untuk meningkatkan keamanan.

Selain itu, dalam meningkatkan kenyamanan ketika berjalan, diadaptasi juga fungsi pengontrol akselerasi yang menekan akselerasi tiba-tiba dan membuat bus berjalan dengan lebih tenang, membuat para penumpang berdiri lebih nyaman.#

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here