Home Kendaraan Niaga Truk Toyota Mulai Uji Coba Truk Hydrogen

Toyota Mulai Uji Coba Truk Hydrogen

289
0

California – Produsen otomotif terbesar di dunia, Toyota sudah memulai pengujian truk kelas berat berteknologi fuel cell hydrogen yang sebelumnya diumumkan. Project baru Toyota ‘Project Portal’  truk nol emisi ini akan hadir di jalanan California, Amerika Serikat, musim panas ini, beroperasi di antara pelabuhan di Los Angeles dan Long Beach.

Kendaraan kelas berat dikatakan memiliki jumlah emisi gas buang yang banyak pada pelabuhan, dan uji coba ini menjadi salah satu tolak ukur dari rencana pembersihan udara.

“Toyota percaya teknologi fuel cell hydrogen akan memiliki potensial besar menjadi sumber tenaga utama di masa depan,” kata Bob Carter, executive vice president Toyota Motor North America.

Konsep truk ini hadir dengan fungsi traktor dan trailer, dengan tenaga untuk mengirimkan kargo di antara dua pelabuhan tanpa menghasilkan gas buang kecuali hanya uap air. Truk ini memiliki tenaga lebih dari 670 hp dan torsi 1.796 Nm dari dua fuel cell dan baterai 12kWh yang diklaim Toyota cukup kecil melihat baterai digunakan untuk menggerakkan truk kelas berat.

Pabrikan asal Jepang mengatakan bahwa truk memiliki bobot 36,2 ton dan berjarak tempuh sekitar 200 miles atau 321 km dalam penggunaan normal.

“Dengan menghadirkan kendaraan kelas berat nol emisi hydrogen fuel cell konsep truk ke pelabuhan, Toyota memberikan tanda bahwa kami memiliki harapan banyak yang akan mengikutinya,” kata Mary Nichols, California Air Resources Board.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here