Home Kendaraan Niaga Truk Side Guard Salah Satu Fitur Keselamatan Penting

Side Guard Salah Satu Fitur Keselamatan Penting

359
0

Washington – Salah satu studi terbaru membuktikan underride guard untuk truk trailer penting bagi keselamatan. Salah satu lembaga keselamatan di jalan Amerika Serikat, Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) memperlihatkan potensi penyelamatan dari side guard.

Untuk saat ini tidak banyak negara yang memang mengharuskan adanya side guard pada truk, namun dari video IIHS ini mungkin saja dapat merubah peraturan yang ada.

David Zuby, IIHS executive vice president and chief research mengatakan, hasil yang didapat sangatlah membuka pandangan kita. “Tes dan penelitian kami memperlihatkan bahwa pelindung samping memiliki potensi untuk menyelamatkan nyawa. Kami berpikir bahwa penting adanya side guard pada truk besar, terutama dengan angka kematian akibat kecelakaan yang terus meningkat.”

Menariknya, asosiasi truk di Amerika Serikat, American Trucking Associations masih belum yakin akan hal tersebut. Juru bicara, Sean McNally mengatakan bahwa side guard bukanlah solusi paling terpenting.

“Kami percaya bahwa cara terbaik menghindari adanya kematian adalah menghindari kecelakaan itu sendiri. Pengembangan teknologi keselamatan kendaraan seperti automatic emergency braking dan forward collision warning system dapat membantu mencegah terjadinya kecelakaan, termasuk kecelakaan pada sisi samping truk,” kata Sean.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here