Home Kendaraan Niaga Pickup Chevrolet Colorado ZR2, ‘Pemakan’ Batu, Gurun & Aspal

Chevrolet Colorado ZR2, ‘Pemakan’ Batu, Gurun & Aspal

227
0

Los Angeles – Chevrolet Colorado ZR2 dirancang sebagai truk pickup yang unggul di rock crawling (merayap di medan berbatu), melaju dengan cepat di padang pasir, serta di aspal.

Jika dibandingkan dengan Colorado standar, ZR2 memiliki jarak antar-roda lebih lebar dan suspensi lebih tinggi (2 inch). Hal ini dilakukan oleh Chevrolet agar ZR2 bisa melahap medan berbatu dengan mudah. Tentu saja modifikasi bumper depan dan belakang turut dilakukan untuk menunjang performa offroad. Bumper depan membawa pelindung dari alumunium untuk melindungi baki pelumas dan radiator. Transfer case-nya sendiri dilindungi oleh tameng tambahan.

Untuk mendapatkan suspensi lebih tinggi, General Motors (GM) menggandeng Multimatic. Perusahaan yang berkedudukan di Markham, Kanada, ini dikenal sebagai pembuat peredaman Dynamic Suspensions Spool Valve (DSSV) yang biasa dipakai di berbagai kejuaraan motorsport termasuk digunakan oleh pembalap-pembalap F1.

Peredaman DSSV sendiri dipakai oleh Chevrolet Camaro Z/28 2014 dan ZR2 akan menjadi kendaraan offroad pertama yang menggunakan teknologi peredaman Multimatic DSSV.

Chevrolet Colorado ZR2 mengenakan roda-roda alumunium 17 x 8 inch yang dibungkus oleh ban Goodyear Duratrac 31 inchi. Ban Goodyear Duratrac diklaim memberikan traksi luar biasa.

ZR2 berbagi mesin dengan Chevrolet Colorado 2017, dan akan menjadi truk offroad ekstrem produksi massal satu-satunya yang menawarkan mesin diesel dan bensin.

Mesin 3.6L V-6 dikencani oleh transmisi otomatis Hydra-Matic 8L45 8-speed. Untuk versi mesin bensin mesin tersebut menyemburkan tenaga 308 hp dan torsi 373 Nm, sedangkan mesin diesel Duramax memuntahkan tenaga 181 hp dan torsi 500 Nm.

ZR2 dipersenjatai dengan electronic-locking differentials depan dan belakang, serta transfer case AutoTrac yang menawarkan 9 konfigurasi:

  • 2WD
  • 2WD, locked rear differential
  • Auto 4WD
  • Auto 4WD, locked rear differential
  • 4WD Hi, locked transfer case
  • 4WD Hi, locked transfer case and locked rear differential
  • 4WD Lo, locked transfer case
  • 4WD Lo, locked transfer case and locked rear differential
  • 4WD Lo, locked transfer case, locked front and rear differentials

Dengan sejumlah modifikasi, ZR2 tetap bisa menyeret benda-benda seperti caravan, trailer motor, dan lain-lain seberat 2,2 ton, atau membopong barang seberat setengah ton.

Pengembangan ZR2 dilakukan oleh General Motors di Yuma, Arizona Proving Ground, yang memiliki luas 2400 acres.

“Para ahli  kami telah sangat sukses mengembangkan varian performa tinggi dari Corvette dan Camaro,” kata Mark Reuss, wakil presiden eksekutif, Pengembangan Produk Global, Pembelian dan Supply Chain GM. “ZR2 mengaplikasi filsafat sama untuk kinerja off-road. Anda dapat pergi merangkak di medan batu pada Sabtu, berkelana di gurun pada Minggu, dan nyaman berkendara untuk bekerja pada Senin. Truk ini dapat melakukan semuanya, dan melakukan semuanya dengan baik.”

Chevrolet Colorado ZR2 dipamerkan di LA Auto Show 2016, dan segera dijual. [Itn]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here