Home Kendaraan Bus Layanan Baru Bus Transjabodetabek Premium Mulai Dicoba

Layanan Baru Bus Transjabodetabek Premium Mulai Dicoba

104
0

Jakarta – Hari ini layanan transportasi publik baru, bus Transjabodetabek mulai dijalankan. Sayangnya saat ini masih dalam tahap uji coba hingga 20 September mendatang dengan rute Bekasi Barat tujuan Bundaran Hotel Indonesia/Senayan dan dari Senayan tujuan Bekasi Barat menggunakan ruas bahu jalan tol Jakarta – Cikampek.

Bus Transjabodetabek dijalankan oleh beberapa operator yang berada di bawah kendali Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) yang melibatkan 40 unit bus bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai pengelola jalan tol.

Pada hari pertama uji coba, taris yang ditetapkan bus Transjabodetabek hanya sebesar Rp 15 ribu. Setelahnya akan dikenakan tarif normal sebesar Rp 20 ribu per penumpang.

Pada pagi hari, bus berangkat dari Mega Bekasi Hypermall pada pukul 06.45, 07.05 dan 07.25 WIB. Sedangkan pada sore hari, bus berangkat dari Plaza Senayan setiap pukul 16.45, 15.15 dan 17.45 WIB.

Uji coba kali ini menggunakan enam unit bus premium Transjabodetabek di halaman Mega Bekasi Hypermal, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, menuju Plaza Senayan melewati rute kawasan Semanggi. Layanan bus baru Transjabodetabek ini ditargetkan menempuh waktu kurang dari 1,5 jam dari Bekasi ke Senayan, Jakarta Selatan. Dari hasil uji coba di hari pertama, ternyata bus mampu menempuh rute itu dengan waktu hanya 70 menit atau lebih cepat 20 menit dari yang ditargetkan.