Home Kendaraan Niaga Bus Bus Lower Deck Transjakarta Mulai Beroperasi

Bus Lower Deck Transjakarta Mulai Beroperasi

470
0

Jakarta – PT Transportasi Jakarta ( Transjakarta) hari ini, Senin (20/11/2017) ternyata sudah mulai mengoperasikan bus lower deck atau lain rendah di ibu kota Jakarta. Seperti namanya, bus ini memiliki lantai yang cukup rendah, sejajar dengan ketinggian trotoar.

Pada tahap awal ini, ada enam unit bus lower deck yang beroperasi. Empat unit melayani rute Bundaran Senayan-Harmoni, dan dua lagi rute Poris Tangerang-Bundaran Senayan. Pengoperasian enam unit bus ini masih tahap uji coba.

Transjakarta sendiri saat ini sudah memiliki 76 unit bus lower deck dengan basis Mercedes Benz O500U 1726 Diesel Euro 3 dan Scania K 250 UB Diesel Euro 3.

Bus Transjakarta Lower Deck ini digunakan untuk trayek bus kota reguler, tidak untuk melayani di dalam koridor busway. Kehadirannya merupakan bagian dari upaya pembenahan angkutan umum di Jakarta. Kehadiran bus transjakarta lower deck ini ditujukan untuk mempermudah para penyandang disabilitas menggunakan fasilitas transportasi umum.

“Untuk rute-rute yang akan dilayani masih dalam pembahasan. Yang pasti bus ini akan melayani rute non BRT (di luar busway),” kata Asisten Kepala Humas PT Transjakrta, Wibowo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here