Home Kendaraan Truk Ajang Kompetisi Aman Mengemudi Truk Hino Digelar di Medan

Ajang Kompetisi Aman Mengemudi Truk Hino Digelar di Medan

90
0

Medan – PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) masih terus melanjutkan kampanye keselamatan bagi pengemudi truk melalui Hino Dutro Safety Driving Competition 2017. Setelah sebelumnya digelar di enam kota awal Semarang, Surabaya, Jakarta, Makassar, Manado dan Pontianak dengan total peserta hingga lebih dari 500 peserta, kali ini HMSI bersama diler resmi area Sumatera Utara PT. Indomobil Prima Niaga Medan (IPN-M) dan PT. Trans Indo Utama (TIU) mengadakan ajang ini di area Parkir Lotte Mart, Medan.

Hino Dutro Safety Driving Competition di Medan, terjaring lebih dari 100 pengemudi truk dari berbagai perusahaan customer loyal di area Sumatera Utara dan sekitarnya untuk ikut serta dalam event yang bertajuk Handal Pengemudinya, Aman dan Maksimal Bisnisnya.

Salim Berutu, PT Tri Putra Erguna mengatakan, “Merasa bangga dan terharu telah mengikuti kompetisi Hino Dutro Safety Driving 2017 dan menjadi pemenang pertama. Semoga acara ini diselenggarakan lebih rutin agar pengemudi dapat meningkatkan keamanan, kenyamanan berkendara saat di jalan raya. Dan para pengemudi yang telah mengikuti kompetisi ini dapat berbagi pengalaman kepada pengemudi lainnya.”

Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI mengutarakan “Melalui kegiatan ini kami harapkan para pengemudi truk Hino dapat mengambil ilmu yang berguna dan bisa diterapkan dalam pekerjaan mereka sehari – hari. Sehingga program menuju Indonesia Tertib Bersatu Keselamatan Nomor satu dapat terwujud”.

Pada Hino Dutro Safety Driving Competition di Medan, para peserta menjalani test dengan menggunakan truk Hino New Dutro 130 HD yang memiliki tenaga 130 PS dan gross vehicle weight (GVW) 8.25 Ton. Dimana ujian yang dijalankan pada hari kedua berupa inspection test dan skill test yaitu zig – zag forward dan backward serta reverse parking. Para peserta tes kedua ini merupakan hasil dari ujian di hari pertama, dimana 10 pengemudi yang mendapat nilai terbaik dari hasil test tertulis mengenai keselamatan berkendara seperti daily inspection, proper driving, economical driving, safety driving, dan tanda rambu – rambu lalu lintas berhak ke tes hari kedua.

Sepertihalnya ajang kompetisi aman mengemudi truk Hino sebelumnya, HMSI turut serta meluncurkan Hino New Dutro secara regional yang kali ini diharapkan mampu memperkuat posisi di SUmatera Utara. Pada acara peluncuran lokal Hino New Dutro, selain para pengusaha yang pengemudinya ikut serta dalam kompetisi ini serta pebisnis lainnya yang datang dari berbagai segmen. Total ada 100 undangan dalam acara customer gathering ini yang turut juga dihadiri oleh 10 finalis Hino Dutro Safety Driving Competition untuk pengumuman pemenang dari kontes ini di Medan.

Hino New Dutro ialah generasi terbaru menggantikan Hino Dutro generasi sebelumnya yang merupakan tipe light duty truck atau kelas truk ringan. Generasi terbaru ini hadir dengan mengusung tagline ”Makin Panjang Umurnya”. Hino New Dutro saat ini memiliki 16 model baru, didalamnya terdapat 4 model tambahan dari generasi sebelumnya yang hanya terdapat 12 model. Salah satu varian yang sangat sesuai dengan bisnis di Sumatera Utara ialah Hino New Dutro 130 HDL untuk keperluan bisnis kargo. Dimana varian ini hadir memiliki dimensi rangka lebih panjang, sama dengan unit Hino Dutro 130 MDL dan memiliki kubikasi bodi meningkat 3.85 m3 atau dari 15.05 m3 menjadi 18.9 m3. Adanya penambahan panjang pada wheelbase (WB) dan julur belakang (ROH) membuat kapasitas ruang kargo lebih besar untuk membawa barang lebih banyak. New Dutro 130 HDL ini dilengkapi dengan transmisi model baru (RE50) yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar sampai dengan 1,8% lebih irit dibanding transmisi lama dan menghasilkan akselerasi lebih baik serta kemampuan yang lebih handal di medan menanjak.

Model terbaru lainnya yang hadir dan sesuai digunakan untuk kebutuhan bisnis di Sumatera Utara yang banyak terdapat perkebunan ialah Hino New Dutro 130 HD LSD, truk ringan 6 roda yang handal di jalan berlumpur (off road). Dilengkapi dengan teknologi Limited Slip Differential (LSD) yang berfungsi untuk mencegah terjadinya slip ketika melalui medan lumpur yang berat. Sehingga truk dapat melaju untuk terus bekerja dan produktifitas tetap terjaga.

Peluncuran ini sejalan dengan posisi Hino untuk menjaga dan meningkatkan market sharenya. Tercatat selama periode Januari sampai dengan September 2017, Hino mampu menjadi market leader medium duty truck di Sumatera Utara dengan hasil penjualan sebanyak 193 unit atau menguasai market share 38%. Sementara itu Hino Dutro juga meraih hasil penjualan yang memuaskan dengan perolehan 169 unit atau berhasil meraih 18% market share.

“Hino terus berusaha menghadirkan produk – produk yang terbaik sesuai dengan kebutuhan bisnis dari para pelanggan setianya. Salah satunya produk terbaru kami Hino New Dutro 130 HDL yang memiliki ruang kargo yang lebih besar sehingga mampu muat lebih banyak. Selain itu untuk solusi perkebunan kami punya Hino 130 HD LSD yang anti slip di medan berlumpur. Tentunya ini semua kami hadirkan untuk membuat bisnis pengusaha disini lebih mudah”. Tutup Santiko