Home Kendaraan Niaga Bus Tingkatkan Pelayanan, PO SAN Luncurkan 3 Bus Maxi Mercedes-Benz OC 500 RF...

Tingkatkan Pelayanan, PO SAN Luncurkan 3 Bus Maxi Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 untuk Rute Sumatera-Jawa

1307
0

Ada kabar gembira bagi masyarakat yang sering melakukan perjalanan lintas Pulau Sumatera – Jawa dengan menggunakan pilihan transportasi bus malam premium, pasalnya PT SAN Putra Sejahtera baru saja meluncurkan 3 unit bus maxi Mercedes-Benz OC500RF 2542 untuk melayani rute di sejumlah kota di pulau Sumatera dan pulau Jawa.

3 unit bus dengan tiga axle dan panjang mencapai 13 meter ini diluncurkan pada awal pekan ini di markas perusahaan otobus ini di Kota Bengkulu. Bus Mercedes-Benz OC500RF 2542 yang baru diluncurkan oleh PT SAN Putra ini memiliki body buatan karoseri Laksana model Legacy Sky SR2 XHD Prime Limited Edition.

Direktur Utama PT SAN Putra Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan mengatakan bahwa peluncuran tiga unit bus maxi Mercedes-Benz OC500RF 2542 ini merupakan tahap pertama dari rencana pengoperasian delapan unit bus Maxi 3-Axle yang akan melayani rute Bengkulu, Pariaman, Pekanbaru.

“Peluncuran ini mengukuhkan diri sebagai operator bus pertama di Indonesia yang mengoperasikan bus premium antar pulau,” kata Sani dalam keterangan resmi.

Sani juga mengatakan bahwa peluncuran tiga unit bus premium ini juga untuk menghadapi persaingan antar moda angkutan umum yang semakin ketat. Nantinya SAN akan mengoperasikan 8 unit bus maxi untuk layani sejumlah rute Sumatera-Jawa.

“Menghadapi persaingan antar moda, jujur itu tidak mudah. Tapi ini menjadi tantangan kami. Sehingga dengan kehadiran bus ini kami berharap kami bisa tetap eksis memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan kami,” kata Sani.

“Kita nanti mengoperasikan 8 unit bus maxi. Tiga unit yang sudah kita hand over kemarin akan kita operasikan untuk trayek Bengkulu-Padang-Pariaman PP. Sementara 5 unit lagi akan melayani trayek Pasir Pangaraian-Pekan Baru-Jambi-Palembang-Jakarta-semarang-Solo-Tulung Agung PP,” jelas Sani.

Bus Maxi 3 axle sendiri sudah hadir di Indonesia sejak 2014 lalu. Tercatat perusahaan bus Sumatera pertama yang membeli sasis bus premium adalah PO Kurnia untuk melayani trayek Sumatera Utara dan Aceh.

Mercedes-Benz OC500RF 2542

Sasis bus diproduk di pabrik Daimler di Spanyol dengan dapur pacu mesin diesel berkode OM45LA berkapasitas 11.967 cc dengan turbo intercooler yang mampu menghasilkan tenaga 310 Kw (422 HP) pada 2.000 rpm dan torsi puncak 1.900 Nm pada 1.100 rpm.

Dalam menjamin keamanan para penumpang, bus Mercedes Benz OC 500 RF 2542 ini dilengkapi dengan sejumlah fitur keamanan, diantaranya seperti fitur pengereman full air dengan disc brake, Electronic Stability Program (ESP) yang mencegah bus selip di jalan, EBS dan ABS (antilock Breaking System). Selain itu, bus juga dilengkapi dengan brake retarder untuk pengereman yang sangat pakem plus ASR. Pada bagian kaki-kaki sendiri, bus menggunakan suspensi depan tipe independen dan seluruh kaki-kaki menggunakan suspensi udara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here