Home Kendaraan Bus Mercedes-Benz Rilis 2 Bus Bermesin Depan

Mercedes-Benz Rilis 2 Bus Bermesin Depan

241
0

TANGERANG — Bekerjasama dengan dua perusahaan karoseri nasional, Laksana dan Tentrem, PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) meluncurkan dua varian bus baru, Mercedes-Benz OF 1623 RF dan Mercedes-Benz O500RS 1836.

Dua varian bus tersebut dirancang melayani transportasi jarak menengah dan jauh.

“Dengan pertumbuhan pesat infrastruktur transportasi darat di Indonesia, DCVI memiliki semangat kuat untuk turut meningkatkan kualitas moda transportasi darat. Mercedes-Benz OF 1623 RF merupakan simbol kembalinya bus Mercedes-Benz bermesin depan di Indonesia setelah lebih dari 20 tahun menjadi jawaban untuk memenuhi kebutuhan pasar pada segmen ini. Sedangkan Mercedes O500RS 1836 lebih dilengkapi dengan beberapa fitur pengereman dan suspensi canggih untuk segmen bus premium,” jelas Markus Villinger, Presiden Direktur dan CEO DCVI, pada hari ini (Kamis, 6/12), di Tangerang,

Untuk menjamin pengoperasian yang lebih aman, Mercedes-Benz OF 1623 RF dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan eksklusif dari Mercedes-Benz seperti full air brake system, rem tambahan exhaust brake serta open throttle valve. Sedangkan penggunaan stabilizer pada bagian depan dan belakang serta parabolic spring memberikan kenyamanan maksimal bagi para penumpang dan pengemudi karena dapat mengurangi suara bising dari luar kabin.

Berbekal mesin OM 906 LA (Euro 3) yang telah mencatat perjalanan 1,000,000 km di Indonesia tanpa mengalami overhaul, menjadikan Mercedes-Benz OF 1623 RF sebagai bus handal untuk transportasi jarak menengah. Dengan kapasitas tangki hingga 380 liter.

Adapun Mercedes-Benz O500RS 1836 versi terbaru merupakan pengembangan dari model bus premium sebelumnya. Pengembangan transmisi MB G-210 baru menghasilkan torsi yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya, menjadikan bus ini lebih tangguh.

Dibangun khusus untuk transportasi jarak jauh dan industri pariwisata di Indonesia, Mercedes-Benz O500RS 1836 hadir dengan mesin OM 457 LA (Euro 3) yang lebih bertenaga serta sejumlah fitur premium seperti cruise control, sistem pengereman canggih yang mengintegrasikan disc brake, Anti-lock Breaking System (ABS) di seluruh roda dan Anti-Skid Regulation (ASR) serta retarder dan suspensi udara dengan rigid beam axle. Serta kapasitas tangki mencapai 300 liter.

Sementara itu, Adri Budiman, selaku Head of Bus Product and Sales DCVI menjelaskan, kerjasama dengan dua perusahaan karoseri yaitu Laksana dan Tentrem untuk mengutamakan keselamatan penumpang dan pengendara, Laksana mengaplikasikan metode pengujian roll-over sesuai standar UN ECE R66 Eropa pada body Mercedes-Benz O500RS 1836.

“Dengan pengaplikasian metode tersebut body bus Mercedes-Benz 0500RS 1836 dapat dibuat 400 kg lebih ringan. Pada varian Mercedes-Benz  OF 1623 RF, chassis dibalut dengan body Max HDD dari Tentrem yang dikenal konsisten menggarap segmen body bermesin depan dengan menampilkan model yang dinamis,” pungkasnya.

Harga Mercedes-Benz 0500 RS Rp 1,293 miliar dan Mercedes-Benz 1623 RF Rp 649 juta. Semuanya harga off-the-road. [IBD]