Home Kendaraan Niaga Bus Bus Hybrid Ini Butuh 1 Liter BBM untuk Tempuh 3 KM

Bus Hybrid Ini Butuh 1 Liter BBM untuk Tempuh 3 KM

185
0

KIELCE – Solaris akan meluncurkan memamerkan 3 kendaraan salah satunya bus new Solaris Urbino 12 LE lite hybrid di International Fair of Public Transport TRANSEXPO 2018.

Tujuan utama para insinyur dari Solaris Research and Development Office yang mengembangkan hibrida Urbino lite adalah untuk membuat suatu bus yang akan mengkonsumsi kurang dari 30 liter bahan bakar per 100 km dalam pengujian SORT 2.

Pekerjaan rekayasa difokuskan pada beberapa area untuk mencapai hal di atas, tetapi salah satu faktor utamanya adalah pengurangan berat kendaraan. Bobot suspensi Solaris Urbino 12 LE lite di bawah 9 ton dan beratnya dengan penumpang mencapai 15 ton.

Jantung dari sistem penggerak new Urbino 12 LE lite hybrid adalah mesin Cummins ISBE6 dengan volume hanya 4,5 liter. Mesin yang memenuhi standar emisi gas buang EURO 6 ini memiliki tenaga 210 HP dan torsi 850 Nm. Sistem penggerak hibrid Urbino LE lite juga dilengkapi dengan mesin listrik dengan daya nominal 11,5 kW, yang bertugas memulihkan energi selama proses pengereman dan mendukung mesin pembakaran ketika kendaraan mulai bergerak, yang berakibat pada konsumsi lebih sedikit bahan bakar.

Bus ini akan tersedia dalam versi dengan dua-pintu dalam susunan 2-2-0. Bus akan dapat menampung hingga 85 penumpang, 41 dari mereka duduk. Axle depan kendaraan disediakan oleh ZF RL55 dan gardan penggerak DANA tipe G150. Kendaraan ini akan dilengkapi dengan roda berdiameter lebih kecil: 19,5 inci. Wheelbase-nya 5900 mm dengan overhang depan 2550 mm dan overhang belakang 3240 mm.

Pembaruan di bagian depan bus berupa teknologi LED 100%. Jika model sebelumnya menggunakan 5 lampu proyektor (lampu rendah/low beam, lampu jauh/high beam, lampu kabut, running, dan lampu sein) kini hanya pakai 3 reflektor.

Bagian depan bus didesain ulang untuk menyediakan visibilitas lebih baik. Front wall bis memiliki bentuk baru untuk meningkatkan aerodinamika.

Sementara cover atap dibentuk ulang untuk memudahkan perawatan, instalasi dan pembuangan air dari atas.

Dua bis lainnya yang akan dipamerkan di TRANSEXPO: Solaris Urbino 12 electric dan Solaris Urbino 12 hybrid dengan system hybrid seri. Pameran akan berlangsung dari 23-25 Oktober 2018 di Kielce. [Itn]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here