Home Rest Area Kendaraan Hino Siap Konsumsi Biodiesel B20

Kendaraan Hino Siap Konsumsi Biodiesel B20

278
0
biodiesel

JAKARTA — Sejalan dengan penjualan bahan bakar Biodiesel 20% (B20) secara luas di awal September 2018, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menyatakan bahwa produk-produknya siap mengonsumsi.

Kesiapan ini berlandaskan pengujian Hino sejak tiga tahun lalu terhadap mesin-mesin dengan berteknologi common rail dengan metode uji engine bench test. Pengujian tersebut dilakukan di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP-BPPT) selama 400 jam dengan beban penuh pada putaran mesin maksimum yaitu 2.500 rpm selama 8 jam/ hari.

Metode uji tersebut merupakan metode yang disarankan oleh prinsipal Hino Motors karena lebih memaksa mesin mengeluarkan performa maksimal jika dibandingkan dengan road test atau kondisi pemakaian aktual di jalan.

Berdasarkan pengjian mesin, Hino tidak menemukan fenomena yang membahayakan, hanya ada penyumbatan filter bahan bakar minyak (BBM) yang diakibatkan oleh glicerol dan selulosa hasil blending bahan bakar kelapa sawit dan solar, namun dengan kontrol dan perawatan yang benar akan dapat mencegah atau diminimalisir penyumbatan filter tersebut dan hasilnya mesin Hino telah lulus uji menggunakan bahan bakar Biodiesel B20.

Hasil pengujian tersebut sudah dilaporkan oleh HMSI ke Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral).

“Hino sejak awal B20 dicanangkan oleh Pemerintah, sudah siap untuk menggunakan B20. Karena kendaraan-kendaraan Hino selalu dikembangkan dan disesuaikan mengikuti kondisi di Indonesia,” kata Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI.

Santiko juga menegaskan bahwa para pelanggan Hino tidak perlu khawatir, karena mesin-mesin Hino telah lulus uji dan siap mengonsumsi B20.

Penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan oleh HMSI berupa Fuel Tank dilapisi oleh Chrome dan Stannum-Zync yang mampu menghambat laju korosi menjadi lebih lama; pipe filler dilapisi oleh material yang dapat mencegah terjadinya endapan pada dinding pipa; serta adanya Diamond Like Carbon coating pada injector menambah kekuatan injector untuk tahan terhadap gesekan.

Saat ini HMSI menjual berbagai kendaraan niaga seperti Hino Dutro (light duty truck), Hino Ranger (medium duty truck). ([Itn]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here