Home Kendaraan Niaga Pickup Akhirnya, Ford Jual F-150 Raptor Secara Resmi di China

Akhirnya, Ford Jual F-150 Raptor Secara Resmi di China

1348
1

Detroit –  Untuk pertama kalinya pickup Ford F-150 Raptor  akan dipasarkan ke China pada 2017 mendatang. Sebelumnya, pickup ini belum bisa secara resmi masuk ke Negeri Tirai Bambu meski telah berhasil masuk ke 95 negara lainnya.

Laporan yang dilansir China Daily dan US News beberapa waktu lalu menyebut, selama ini Ford Raptor sudah beredar di China. Namun, mobil itu hadir melalui pasar ‘gelap’.

Sehingga, harganya pun tiga kali lipat. Fakta inilah yang kemudian membuat Ford ingin secara resmi menggelontorkan versi terbaru dari Ford Raptor yakni New Ford Raptor F-150 Screw Off Road. Bahkan Ford telah memperkenalkan pickup itu di gelaran Beijing Auto Show 2016 April lalu.

“Dengan memperkenalkannya (New Ford Raptor F-150) ke konsumen di pasar otomotif terbesar di dunia (China), kami ingin menginspirasi para penggemar off-road di negeri itu. Selain itu kami ingin menunjukkan bagaimana kami selalu menyuguhkan inovasi-inovasi baru kepada konsumen,” papar John Lawler, Chairman dan Chief Executive Officer Ford Motor China dalam sebuah pernyataan.

Pickup ini dibekali mesin 3,5 liter V6 EcoBoost yang tenaganya melebihi mesin 6,0 liter V8. Penyaluran tenaga  itu ke roda menggunakan transmisi 10 tingkat percepatan.

Generasi anyar Ford F-150 Raptor itu diperkenalkan pertama kali ke publik dunia pada Januari 2015 di ajang North America International Auto Show. Namun, proses produksi secara massal baru dimulai pada pertengahan tahun ini.

Sementara, pajak bagi mobil impor di China cukup besar. Selain pajak impor yang besarnya mencapai 25%, juga ada pajak pertambahan nilai sebesar 17%, dan pajak konsumsi yang dipatok antara 10-140% tergantung besaran mesin kendaraan tersebut.

Semakin mahal mobil, maka pajak akan semakin besar. Adapun Ford Raptor F-150 diperkirakan dibanderol mulai US$ 50.000 atau sekitar Rp 665 juta.

Pickup terlaris di Amerika Serikat ini diproduksi pertama kali pada tahun 2009. Namun proses produksinya dihentikan pada tahun 2014, meski tahun berikutnya Ford memperkenalkan New Ford F-150 Raptor yang berbodi dari bahan aluminum.

Sejak dibuat (tahun 2009) pickup itu telah dilego ke 95 negara di dunia.(Wel)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here