Home Kendaraan Van Daihatsu Sigra Jadi Mobil Taksi

Daihatsu Sigra Jadi Mobil Taksi

44
0

OTONIAGA.com – Mobil andalan Daihatsu di segmen Low Cost Green Car (LCGC), Sigra kini digunakan Taksi Express sebagai armada baru. Armada baru Taksi Express tersebut hadir dengan dibalut warna kuning dan putih.

“Betul memang nantinya akan dioperasikan sebagai unit armada taksi Express. Ada dua merek sebetulnya yang digunakan, Sigra dan Calya,” kata Shafruhan Sinungan, Ketua Organda DKI Jakarta.

Shafruhan mengatakan bahwa ratusan unit Daihatsu Sigra dan Toyota Calya siap menjadi armada baru PT Express Trasindo Utama dengan nama Next.

Duet mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car (LCGC) tersebut digunakan setelah Express mendapatkan suntikan dana investasi dari sebuah perusahaan asal Jepang yang bergerak di bidang IT.

“Calya dan Sigra itu dipakai menggantikan unit lama, jadi pembaruan unit-unit taksi Express yang lama dengan model baru. Kalau kemarin kan pakai Wuling Confero, tapi tidak banyak. Untuk yang ini jumlahnya nanti 1.000 unit, paling banyak Calya untuk fokus beroperasi di bandara,” ujar Shafruhan.

Menariknya, unit yang digunakan bukanlah tipe terendah, namun menengah, yakni tipe X. Tipe X Daihatsu Sigra hadir dengan mesin berkapasitas 1.200 cc, meski masih menggunakan transmisi manual. Mesinnya berkode 3NR-VE, DOHC Dual VVT-I bertenaga 88 ps pada rpm 6.000 dengan torsi puncak 108 Nm di 4.200 rpm.