Home Kendaraan Truk Ringan New Hino 300 Series Lebih Aman dan Irit BBM

Truk Ringan New Hino 300 Series Lebih Aman dan Irit BBM

1064
0
HINO 300 SERIES

SYDNEY – Pekan lalu Hino Australia memperkuat posisinya di pasar truk ringan dengan meluncurkan new Hino 300 Series. Hino membekali new Hino 300 Series dengan Hino SmartSafe, suatu paket keselamatan komprehensif dengan teknologi bantuan-pengemudi yang berfokus aktif dalam melindungi kehidupan pengemudi, penumpang dan pengguna jalan lainnya.

Hino SmartSafe terdiri dari Pre-Collision System (PCS) with Autonomous Emergency Braking (AEB), Pedestrian Detection (PD), Lane Departure Warning System (LDWS), Vehicle Stability Control (VSC), Reverse Camera dan fitur-fitur keselamatan standar lainnya.

Fitur-fitur keselamatan yang masih dibawa dari model sebelumnya adalah:

  • dual SRS airbags
  • rem cakram berventilasi 4 roda
  • Electronic Brake force Distribution (EBD).

“Sudah sekitar 20 tahun sejak Hino pertama kali memasuki pasar truk ringan di Australia sebagai truk ringan teraman, dan iterasi terbaru 300 Series terus menjadi yang terdepan di kelas dalam banyak hal,” kata Daniel Petrovski, Manajer Strategi Produk untuk Hino Australia.

“Di Hino, keselamatan adalah yang terpenting, dan 300 Series yang baru menawarkan daftar fitur keselamatan standar yang menjadikannya truk teraman yang pernah ditawarkan oleh pabrikan Jepang di pasar truk tugas ringan Australia.”

Penyegaran eksterior meliputi bumper dan grille. Di bagian dalam, new Hino 300 Series menampilkan layout dashboard focus ke pengemudi, instrument panel baru dengan speedometer yang diperbesar dan ditengahkan, serta 4.2-inch TFT LCD Multi Information Display yang lebih mudah dibaca.

Kontrol-kontrol di roda kemudi baru mengoperasikan Multi Information Display dan unit multimedia, yang menampilkan layar-sentuh kapasitif definisi tinggi 6,5 inci.

Unit multimedia yang sangat cerdas ini peralatan standar di seluruh jajaran truk Hino ringan, sedang, dan berat, serta mampu menghubungkan hingga empat kamera multi-posisi, dengan radio digital AM / FM dan DAB +, streaming musik Bluetooth, dan konektivitas smartphone dengan panggilan suara.

Truk ini memiliki Gross Vehicle Mass (GVM) 4.5 ton – 8.5 ton,  dan dengan kapasitas towing maksimal 3.5 ton. Model baru ini menawarkan opsi kabin Standard Single Cab, Wide Single Cab serta Wide Crew Cab.

Truk 4×2 ini dibekali dengan pilihan mesin 4-liter dan 5-liter common-rail turbo-diesel. Masing-masing ada pilihan transmisi otomatis 6-speed. Opsi transmisi AMT dan manual pun tersedia.

Versi hybrid mendapat revisi sistemnya dengan ubahan pada operasional perangkat keras dan perangkat lunak, yang ditujukan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi. Baterai itu sendiri telah dikurangi ukurannya tetapi tetap 6,5 Amp Hour (AH).

Power Control Unit (PCU), yang meliputi baterai, inverter, Engine Control Unit (ECU) dan Konverter DC-DC, telah dirancang ulang untuk bobot yang lebih ringan dan kemasan lebih kecil, menghasilkan berat PCU 85 kg, turun dari 113kg.

New Hino 300 Series Hybrid  memenuhi standar emisi Euro 6 berkat  Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Hino Diesel Particulate Active Reduction Filter (DPR) system, yang dikawinkan dengan Hino Selective Catalytic Reduction (SCR) system.

“Hino Hybrid mempertahankan desain paralel diesel listriknya dan terus menggunakan baterai hidrida logam nikel yang bersumber dari Toyota Group, yang digunakan di lebih dari 15 juta kendaraan hibrida di seluruh dunia. Mesin dan transmisi telah ditingkatkan dengan tujuan pengurangan konsumsi bahan bakar lebih lanjut,” terang Petrovski.

Mesin Hino N04C-WR empat-silinder common-rail disuntikkan turbo-diesel menghasilkan tenaga 150hp (110kW) dan torsi 470Nm yang dikirim dalam kombinasi dengan motor listrik dari 1000RPM yang sangat rendah.

Transmisi otomatis yang direvisi sekarang menjadi 6-speed, bukan 5-speed dalam model sebelumnya dan digabungkan langsung ke motor listrik. Gigi tambahan dan penyebaran rasio yang lebih luas memungkinkan mesin menghabiskan lebih lama dalam rpm yang paling efisien, menghasilkan efisiensi mengemudi maksimum. ##

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here