Home Kendaraan Niaga Truk Tractor Head Tata Motors Berteknologi Tinggi Hadir di GIIAS 2016

Tractor Head Tata Motors Berteknologi Tinggi Hadir di GIIAS 2016

876
0

Tangerang – PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) menyuguhkan tractor head di ajang  Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, salah satunya Trailer 6×4 Tata Prima 4928. Truk berteknologi tinggi namun ongkos operasionalnya murah  itu diklaim sebagai solusi bagi pebisnis jasa logistik di Indonesia.

“Potensi pasar logistik di Indonesia sangat besar dan menjanjikan sejalan dengan geliat perekonomian. Oleh karena itu, kami berikan solusi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pebisnis yakni berteknologi tinggi, aman, dan efisien bahkan paling efisien biaya operasionalnya,” tutur Presiden Direktur TMDI, Biswadev Sengupta, saat ditemui di booth Tata Motors, GIIAS 2016, ICE BSD Serpong, Tangerang.

Dia menyebut contoh Tata Prima 4928. Menurutnya, tractor head yang mengusung mesin berkapasitas 6.700 cc itu  merupakan World Smart Truck berteknologi tinggi.

“Truk ini memiliki standar keamanan yang tinggi namun biaya perawatannya murah. Bahkan paling murah di kelasnya. Oleh karena itu, akan menjadi penunjang kegiatan bisnis. Ini merupakan komitmen kami dalam mewujudkan Strong and Smart Mobility Solutions for Commercial Needs,” papar Biswadev

Commercial Vehicle Brand Manager TMDI, Wilda Bachtiar menjelaskan Tata Prima 4928 Trailer 6×4 membidik para pebisnis jasa logistik, trailer container terutama untuk mengangkut kayu log  dan kayu olahan, hasil tambang, konstruksi, coil baja dan lain-lain. “Mesin diesel-nya berteknologi commonrail yang memiliki endurance dan durabilitas yang tinggi,” kata dia.

Mesin yang diusung adalah mesin Cummins 6ISBe 270 dengan Water cooled, Turbocharged Direct Injection,. Tenaga yang disemburkan mencapai 267 hp pada 2.500 rpm dengan torsi 970 Nm  pada putaran mesin  1.200-1.700 rpm. Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi Tata G1150D dengan 8 tingkat percepatan maju dan 1 kecepatan mundur.

Tractor Head Tata Prima 4928 02

Meski kendaraan berat untuk angkutan niaga, namun pengemudi truk ini masih merasakan kenyamanan yang oke. Selain memiliki fungsional yang tinggi, interior kabin dibuat eksotis agar pengemudi merasa betah.

Pada bagian ini juga disediakan tempat istirahat yang berada di belakang kursi pengemudi dan penumpang. Kesan modern juga terlihat di bagian ini. Ini terlihat dari panel pengoperasian yang mudah dijangkau dan dioperasikan oleh pengemudi.

Posisi kursi dan setir bisa diatur sesuai kebutuhan dan keinginan pengemudi. Sedangkan fitur keselamatan aktif yang disediakan antara lain ABS. “Tata Motors memang memiliki pengalaman di pasar kendaraan komersial di dunia lebih dari 60 tahun. Jadi soal kualitas, keamanan, serta kebutuhan dan keinginan pebisnis secara detail sangat diperhatikan,” kata Wilda.

Tata Motors pertama kali memperkenalkan World Smart Truck Tata Prima pada tahun 2009. Kendaraan itu dirancang dan dibuat oleh Tata Motors dengan melibatkan berbagai pabrikan tingkat dunia. Teknologi mesin misalnya, dibuat dengan melibatkan pabrikan dari Amerika Serikat dan Eropa.

Sedangkan struktur rangka dari Meksiko, lapisan bodi metal dari Korea dan Jepang. Sementara untuk proses pengelasan oleh robot yang didatangkan  dari Swedia. Walhasil, hasil pengelasan sangat presisi dan rapi.

Bagi para pebisnis yang ingin tahu lebih rinci spesifikasi dan harga head tractor Tata Motors, silahkan datang ke booth Tata Motors Indonesia di hall 3, ICE BSD Serpong, Tangerang. (Ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here