Home Kendaraan Niaga Siapakah Truk Tercepat Dunia? Volvo akan Menjawab

Siapakah Truk Tercepat Dunia? Volvo akan Menjawab

592
1

Göteborg – Siapakah truk tercepat di dunia? Volvo Trucks akan menjawabnya pada 24 Agustus 2016 via Youtube.

Di saluran tersebut Anda bisa menyaksikan rekaman kehebatan The Iron Knight – julukan untuk truk tercepat Volvo Trucks – di suatu lintasan lurus yang diklaim mengukir catatan baru 1000 meter dan 500 meter.

Truk yang dikendarai oleh Boije Ovebrink ini berbasis Volvo FH dan mesin D13 berpendingin air plus 4 turbo mengalami modifikasi. Jantung mekanis ini memuntahkan tenaga 2400 hp dan torsi 6000 Nm. Sistem elektrik dan elektronik diturunkan skala campurtangannya, serta software diprogram ulang. Dengan sentuhan-sentuhan tersebut membuat mesin berkomunikasi secara optimal dengan transmisi I-Shift Dual Clutch – transmisi ini dimiliki oleh Volvo FH seri produksi. ‘Cubitan’ pada gearbox hanya memperkuat kopling guna meladeni torsi tinggi.

truk tercepat

“Iron Knight merupakan cara sempurna untuk menampilkan kompetensi dan daya inovatif dari Volvo Trucks. Pada saat yang sama, tujuan kami adalah untuk menghasilkan wawasan baru ke dalam solusi teknis dan desain. Tujuannya adalah untuk mentransfer beberapa hal untuk truk seri-produksi kami,” kata Claes Nilsson, President & CEO Volvo Trucks.

Iron Knight bukanlah satu-satunya truk pemecah rekor kecepatan dari Volvo Trucks. Pada tahun 2007, The Wild Viking (1600 hp) mengukir catatan 1000 meter FIA dari keadaan diam (0 kpj) dengan kecepatan rata-rata 158,8 kpj. Selanjutnya adalah Mean Green (1800 hp bermesin diesel plus 300 hp electric motor) di mana pada tahun 2011 mencetak 2 rekor dunia dalam kategori hybrid: 1000 meter pada kecepatan rata-rata 152.2 km/h dan 500 meter dengan kecepatan rata-rata 115.4 km/h.

“Kabin truk FH terbuat dari fiberglass dan dirancang untuk memotong hambatan udara hingga minimum. Side skirts membuat penampilan truk lebih mengesankan dengan saluran udara besar yang memasok ke mesin sebagai pendingin udara. The Iron Knight memiliki desain menarik dan kuat yang terinspirasi dari Volvo FH,” kata Nigel Atterbury, Senior Designer Volvo Trucks.

Lalu berapakah catatan baru The Iron Knight? Kita tunggu hingga besok. [Itn]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here