Home Rest Area Terminal Bus Hamburg, Salah Satu Terminal Bus Terkeren di Dunia

Terminal Bus Hamburg, Salah Satu Terminal Bus Terkeren di Dunia

899
0

Hamburg – Sebuah terminal bus di Hamburg, Jerman – Busbahnhof Poppenbutel – awal tahun ini kembali dinobatkan menjadi salah satu dari 10 terminal dan halte bus paling keren di dunia oleh situs arsitektur kondang DesignCurial. Tak hanya memiliki kekuatan rancang bangun dan fungsional yang tinggi, tetapi juga sangat ramah lingkungan.

Terminal yang dirancang oleh perusahaan jasa konsultan arsitek kenamaan Blunck+Morgen Architeken itu, dibangun di atas lahan seluas 1.800 meter persegi. Kendati terbilang cukup luas, namun hampir setiap jengkal lahan di terminal ini berfungsi.

Pada bagian luar bangunan induk terminal misalnya, terdapat shelter untuk delapan bus yang berjajar menunggu penumpang dan segera berangkat begitu waktu keberangkatan yang ditetapkan telah tiba. Atap bagian ini dibangun dengan bentuk menyerupai sebuah hamparan air pantai di depan sebuah pulau.

terminal-bus-hamburg-didesain-dengan-ruang-tunggu-penumpang-yang-nyaman-designcurial

Bentuknya mengambang. Bahannya terbuat dari bahan baja ringan yang kuat. Selain itu sang arsitek telah menghitung dengan cermat kekuatan rangka penyangga atap, kendati dengan struktur rangka yang menyerupai dahan dan ranting dari sebuah pohon.

Sementara pada bagian dalam bangunan, serasa dibuat dengan memperhatikan unsur estetika, fungsional, serta lingkungan.

Dengan keindahan yang disuguhkan, fungsi maksimal yang disediakan, serta keramahan lingkungan dalam konsumsi energy, tak heran jika Asosiasi Arsitek dan Ahli Teknik Hamburg menobatkannya sebagai Gedung Terbaik 2009 di Jerman.

terminal-bus-hamburg-dilihat-dari-atas-designcurial

Sedangkan di awal tahun ini – setelah menyeleksi ratusan terminal dan halte di berbagai penjuru dunia – terminal ini terpilih sebagai salah satu dari 10 terminal dan halte paling keren di dunia. (Ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here