Home Kendaraan Niaga Bus Volvo Perkenalkan Fitur Pendeteksi Pejalan Kaki Untuk Bus

Volvo Perkenalkan Fitur Pendeteksi Pejalan Kaki Untuk Bus

123
0

Gothenburg – Produsen bus asal Swedia, Volvo memperkenalkan sistem baru untuk mendeteksi pejalan kaki yang mengeluarkan suara peringatan akan datangnya kendaraan.

Sistem terus memonitor sekeliling bus dan mengeluarkan suara peringatan ketika pengguna jalan lain terlalu dekat dengan bus. Pengemudi juga diperingatkan dengan suara dan lampu sinyal di dalam kendaraan dan bila besar kemungkinan terjadinya kecelakaan, klakson bus akan berbunyi.

Sistem ini terdiri dari kamera, sistem pemroses gambar dan algoritma untuk mendeteksi pejalan kaki. Rencananya sistem ini akan tersedia untuk armada bus Volvo di Eropa pada 2017.

Peter Danielsson, Director of Vehicle Features and Safety pada divisi Volvo Buses mengatakan, “Kecelakaan melibatkan bus dan pejalan kaki yang tidak terlindungi sering kali terjadi, dan ketika terjadi, konsekuensi kerap sangat serius. Untuk meminimalisir resiko itu, penting untuk pengemudi bus dan siapapun yang berjalan di dekat bus – seperti pada halte dan tempat penyebrangan – untuk lebih memperhatikan lalu lintas. Pada keadaan ini, sistem pendeteksi pejalan kaki sangatlah membantu.”

“Beberapa komponen sistem kami memiliki basis yang sama dengan teknologi yang telah dicoba oleh banyak mobil. Namun kami merupakan satu-satunya perusahaan produsen mobil yang menawarkan solusi untuk pengemudi serta pengguna jalan yang tidak terlindungi,” tambahnya.

Perusahaan juga mengatakan bahwa proporsi kendaraan listrik di perkotaan terus tumbuh yang menyebabkan emisi gas buang dan polusi suara berkurang, namun kebutuhan untuk menghilangkan resiko dari pejalan kaki yang tidak mendengar kendaraan mendekati meningkat.

“Bus dapat didengar – tapi tanpa mengganggu. Kami memberikan solusi masalah ini dengan mengembangkan background sound dengan frekuensi yang tidak mengganggu. Sebagai contoh, tidak menembus jendela, tidak seperti frekuensi suara yang ditimbulkan oleh mesin diesel,” kata Danielsson.

Volvol akan memulai tes teknologi baru ini di rute 55 Gitgenburgm Swedia musim gugur ini dengan target produksi sebelum akhir dekade ini. (Rel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here