Home Kendaraan Niaga Truk Truk Paling Bertenaga di India Siap ‘Gilas’ Sirkuit

Truk Paling Bertenaga di India Siap ‘Gilas’ Sirkuit

241
0

Mumbai – Balap truk di Indonesia memang tidak lazim. Lain halnya  di Eropa, Amerika Serikat, atau India.

Tata Motors bahkan telah 4 musim menggelar T1 PRIMA TRUCK Racing Championship. Dan untuk musim 2017, Tata Motors berhasil menciptakan monster truk paling bertenaga yang pernah diproduksi di India.

Truk balap Tata T1 Prima tahun ini menawarkan tenaga 4 kali lebih besar dari T1 sebelumnya. Mesin baru 12-liter memuntahkan tenaga 1040 hp. Mesin tersebut diletakkan di bagian tengah chassis untuk mendapatkan distribusi bobot yang sama di atas poros-poros roda.

Torsi dari mesin ISGe Cummins 3500 Nm pada 1600 – 2200 rpm yang akan mengantarkan truk ini berakselerasi dari 0-100 kpj dalam 10 detik.

Tata Motors melengkapinya dengan transmisi ZF 16-speed yang perpindahan gear-nya dibantu secara hidrolik.

Sebagai fitur keselamatan, kabin truk dijejali roll cage, dan rem-rem cakram.

“Setelah menggelar 3 musim balapan T1 PRIMA TRUCK Racing Championship, tahun ini kami akan menggelarnya kembali. Waktu pengembangan truk memecahkan catatan (rekor) kami sendiri yakni hanya butuh 12 bulan,” kata Ravindra Pisharody, Executive Director – Commercial Vehicles, Tata Motors.

Di musim ini kita akan melihat beberapa pembalap berbakat European Truck Racing Championship (ETRC)  akan bertarung di kejuaraan  T1 PRIMA TRUCK Racing Championship.

Seri I T1 PRIMA Truck Racing Championship 2017 akan digelar 19 Maret di Buddh International Circuit (BIC), Greater Noida. [Itn]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here