Home Kendaraan Niaga Bus Sasis Bus Volvo B8R Meluncur Secara Global

Sasis Bus Volvo B8R Meluncur Secara Global

980
0

Gothenburg – Volvo Buses meluncurkan sasis bus terbarunya dipersenjatai dengan mesin 8-liter, yaitu Volvo B8R dan B8RLE yang menggantikan B7R dan B7RLE yang diproduksi lebih dari 40.000 unit dan dipasarkan di 65 negara. Dengan keunggulan tenaga yang lebih besar, konsumsi bahan bakar irit, interval penggantian oli lebih lama dan tingkat keselamatan berkendara yang tinggi menjadi fitur andalan model sasis terbaru volvo.

“Dengan diperkenalkannya Volvo B8R / RLE kita (Volvo Buses) memperkuat tawaran global kami dengan berbagai produk modern dan fleksibel yang memberikan pelanggan banyak pilihan cakupan yang lebih baik untuk operasi yang meningkatkan efisiensi biaya”, kata Håkan Agnevall, Presiden Volvo Buses.

Model sasis terbaru Volvo B8R dan B8RLE sebelumnya telah dipasarkan di Eropa sejak 2013 dan pada 2017 ini, Volvo Buses akan melanjutkan pemasaran secara global.

BR8 dan B8RLE didesain sebagai dasar untuk bus dalam kota maupun antar kota, bus pariwisata hingga bus sekolah. Volvo B8R memiliki dimensi panjang 10.1–13.1m dan lebar 2.4 m dengan wheelbase 4.5–7.4 m. Sementara B8RLE memiliki spesifikasi dimensi dengan panjang 10.2–12.5 m, lebar 2.5 m, wheelbase 4.5–6.8 m. Keduanya memiliki bobot berat Gross Vehicle Weight (GVW) yang sama, hingga 19 ton.

Volvo B8r dan B8RLE dirancang untuk memenuhi tuntutan tinggi kenyamanan dan keamanan pengemudi. Peralatan standar seperti rem cakram yang dikontrol secara elektrik dan ESP (Electronic Stability Program). Terdapat pula fitur I-Coaching yang dapat membantu pengemudi berkendara lebih aman dan konsumsi bahan bakar efisien dengan memberikan feedback secara berkelanjutan.

Sasis bus terbaru Volvo ini dilengkapi mesin 8-liter common rail diesel 6-silinder segaris , mampu memproduksi keluaran tenaga hingga 330 hp dan torsi 1200 Nm pada konfigurasi Euro 5 atau Euro 3. Walau ada peningkatan tenaga sebesar 40 hp, model baru ini masih memiliki keiritan bahan bakar yang sama dibanding dengan pendahulunya. Interval penggantian oli diperpanjang dari 30.000 sampai 40.000 km di lalu lintas kota, dan dari 50.000 sampai 80.000 km untuk bus dalam operasi jarak jauh

Dilengkapi berbagai fitur keselamatan dan keamanan berkendara sebagai ciri khas Volvo. Seperti Brakes and stability enhancement systems: Volvo EBS, ABS, Brake Blending, Hill Start Aid, Brake Assist, Volvo Electronic Stability Program (ESP), integrated hydraulic retarder.

Sasis B8R dan RLE akan dibangun di pabrik-pabrik Volvo Buses di Boras, Swedia dan Curitiba, Brazil untuk perakitan akhir lokal. Bus dengan sasis B8R bahkan sedang dibuat di India. Pertengahan tahun akan hadir di beberapa negara Asia seperti Malaysia dan Thailand, serta Australia, Timur Tengah, Afrika dan Amerika Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here