Home Kendaraan Niaga Bus Mercedes-Benz Tourismo, Kini Jadi Bus Dek Tinggi

Mercedes-Benz Tourismo, Kini Jadi Bus Dek Tinggi

817
0
Mercedes-Benz Tourismo dek tinggi

Brussels — Bus Mercedes-Benz Tourismo RHD (dek tinggi atau high deck) diluncurkan. Versi ini merupakan pengembangan menyeluruh sejak bus ini diluncurkan 20 tahun silam.

Mercedes-Benz membelanjakan uang sebesar 400 juta euro untuk mengembangkan dan memproduksi generasi baru bus touring ini. Lokasi perakitan atau produksinya sendiri akan dilakukan di Hoşdere, Turki.

Pabrikan menjamin bus ini lebih irit BBM (bahan bakar minyak) 7% dibandingkan generasi sebelumnya dan menawarkan total biaya kepemilikan rendah.

“Mercedes-Benz Tourismo merupakan bus touring paling sukses sepanjang masa di Eropa, dan menjadi pendorong utama kesuksesan Daimler Buses. Untuk melindungi kepemimpinan pasar kami di segmen ini di masa depan, kami telah menginvestasikan 400 juta euro di pengembangan dan produksi generasi barunya. Hal ini membuat bus terlaris kami lebih ekonomis, nyaman dan aman,” kata Hartmut Schick, Head of Daimler Buses.

Tourismo RHD baru menyambut para penumpangnya dengan pintu masuk nyaman dan interior  terang. Operator bus bisa memasang berbagai pola lantai, kain untuk menutup jok, dinding samping, tirai, dan panel plafon tengah. Dapur tersedia di dalam kabin dan sistem AC baru untuk meningkatkan kenyamanan bepergian para penumpang. Dan, bus dilengkapi dengan Wifi sehingga membuat para penumpang terkoneksi dengan dunia luar.

Mercedes-Benz Tourismo RHD diklaim memiliki tingkat keselamatan paling tinggi di kelasnya, di mana diperkaya oleh Emergency Brake Assist, Stop Assist for stop-and-go traffic, Attention Assist, dan lain-lain sesuai kebutuhan pembeli. Struktur bus pun menjamin keselamatan pengemudi dan asistennya berkat Front Collision Guard (FCG).

Penurunan konsumsi BBM disebabkan oleh berbagai unsur yaitu penggunaan tubuh lebih ringan,  redesain total tubuh, mengoptimalkan aerodinamika, serta mesin OM 470 yang diperkenalkan pada 2016.

Daimler meniagakan 2 pilihan mesin 6-silinder segaris OM 936 dan OM 470.

Berikut ini pilihan mesin:

  • OM 936, 7.7 l, tenaga 354 hp, torsi 1400 Nm
  • OM 470, 10.7 l, tenaga 360 hp, torsi 1700 Nm
  • OM 470, 10.7 l, tenaga 394 hp, torsi 1900 Nm
  • OM 470, 10.7 l, tenaga 428 hp, torsi 2100 Nm
  • OM 470, 10.7 l, tenaga 456 hp, torsi 2200 Nm

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here