Home Rest Area Tol Jombang-Mojokerto Beroperasi Penuh

Tol Jombang-Mojokerto Beroperasi Penuh

59
0
tol jombang-mojokerto

Jombang — Jalan tol Jombang-Mojokerto mulai beroperasi secara penuh pada hari ini (10/9) setelah pembangunan seksi 2, 3 dan 4 selesai pada Agustus 2017.

Peresmian operasi ruas tol yang dikelola oleh  PT Marga Harjaya Infrastruktur (ASTRA Infra Toll Road Jombang-Mojokerto) ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

Jalan tol ini memiliki panjang 40,5 km ini  dan menghubungkan bagian barat kabupaten Jombang dengan bagian utara kabupaten Mojokerto (Desa Penompo). Ruas tol Jombang-Mojokerto merupakan salah satu proyek Tol Trans Jawa.

“Tol Jombang-Mojokerto dapat memacu pertumbuhan perekonomian Jombang dan Mojokerto dan segera dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitarnya,” harap Presiden Direktur PT MHI Wiwiek D. Santoso.

Ruas jalan tol ini pun diharapkan dapat menjadi jalur alternatif mengurai kepadatan lalu lintas di beberapa titik seperti di by pass Mojokerto (simpang empat Mertex hingga simpang lima Kenanten) dan pertigaan Mengkreng yang merupakan tempat pertemuan jalur dari 3 wilayah (Nganjuk, Kediri dan Jombang).

Pengoperasian ruas jalan tol Jombang–Mojokerto dilakukan secara bertahap. Seksi 1 sepanjang 14,7 km beroperasi pada Oktober 2014, Seksi 3 sepanjang 5 km beroperasi pada November 2016. Seksi 2 sepanjang 19,9 km dan 4 sepanjang 0,9 km akan beroperasi pada September 2017.

Ruas tol Jombang-Mojokerto melewati 35 desa dan memiliki 4 gerbang tol: gerbang tol Jombang (di desa Pesantren, kecamatan Tembelang, Jombang), gerbang tol Bandar (di desa Kayen, kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang), gerbang tol Mojokerto Barat (di desa Pagerluyung, kecamatan Gedeg, Mojokerto) dan gerbang tol Mojokerto (di desa Penompo, kecamatan Gedeg, Mojokerto).

Bagi para pengguna jalan tol yang membutuhkan informasi dan bantuan, atau mengalami hambatan di sepanjang ruas jalan tol Jombang-Mojokerto dapat menghubungi call center di (0321) 888123. Tersedia pula fasilitas pelayanan siaga 24 jam, yaitu 3 unit layanan jalan tol, 4 unit derek, 2 unit ambulans dan 1 unit rescue.

Astra Infra telah menyiapkan fasilitas 4 rest area di km 679 dan km 695 untuk para pengguna yang ingin istirahat dan beribadah. [Itn]