Home Kendaraan Niaga Bus Pemerintah Polandia Berniat Bangun Pabrik Bus Listrik di Indonesia

Pemerintah Polandia Berniat Bangun Pabrik Bus Listrik di Indonesia

586
0

Jakarta – Bulan lalu terdapat pertemuan antara Menteri Perhubungan Asia-Eropa di Bali, dengan Polandia yang menawarkan kerja sama pengembangan bus listrik di Indonesia. Tidak hanya itu, Polandia juga bersedia membangun pabrik bus listrik pertama di Asia Tenggara di Indonesia.

Memang saat ini perkembangan kendaraan listrik di Eropa makin pesat, terutama untuk bus dan truk. Sudah banyak kota di Eropa yang menggunakan armada bus listrik untuk memberikan jasa transportasi kepada masyarakat.

Di Polandia sendiri, terdapat pabrikan bernama Ursus yang cukup memiliki sejarah kuat sejak tahun 1893. Pabrikan asal Polandia itu juga memiliki pengembangan bus listrik dengan produk bernama Ursus Ekovolt. Rencana, bus listrik itu akan diproduksi secara masal dalam waktu dekat.

Selain produsen bus listrik, di Polandia juga terdapat perusahaan asal Korea Selatan, LG Chem yang membuka pabrik baterai di sana. Pabrik LG Chem yang terletak di Wroclaw memiliki kapasitas produksi hingga 229.000 baterai dan menjadikannya pabrik terbesar kedua mereka setelah China.

Sebelumnya juga Komisi V DPR RI telah berkunjung ke Polandia untuk mempelajari industri transportasi di sana. Para perwakilan Komisi V DPR RI juga bertemu perwakilan Ursus dan mendapat penjelasan mengenai pengembangan perusahaan akan bus kota hybrid dan full listrik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here