Home Kendaraan Mobil Baru Toyota JPN Taxi Akhirnya Dipasarkan

Mobil Baru Toyota JPN Taxi Akhirnya Dipasarkan

402
1

Tokyo – Toyota benar-benar menikmati waktunya pada satu produk ini. Mobil JPN Taxi konsep debut pada Tokyo Motor Show 2013 empat tahun yang lalu, dan akhirnya produk ini resmi hadir, tampil hampir tidak ada bedanya dengan versi konsep.

Mobil Toyota JPN Taxi mulai dijual di Jepang hari ini dengan dua pilihan varian, Nagomi dan Takumi. Keduanya sama-sama menggunakan sistem LPG Hybrid yang terdiri dari mesin 1.5 liter 1NZ-FXP empat silinder dari keluarga Toyota Hybrid System II.

Untuk saat ini masih belum ada data spesifikasi maupun fitur penting dari mobil yang diberikan, Toyota hanya mengatakan bahwa mobil dengan sistem gerak roda depan memiliki efisiensi bahan bakar 19,4 km per liter dengan emisi CO2 sangat rendah.

Perusahaan asal Jepang itu juga mengklaim mobil memiliki sisi kehandalan tinggi pada perawatan mesin, hal ini dikarenakan pompa air yang tidak membutuhkan perawatan, dan membuat pemilik mengeluarkan biaya lebih sedikit dalam perbaikan. Menggunakan suspensi MacPherson pada bagian depan dan multi link pada belakang, keduanya didesain untuk durabilitas maksimum.

Pada sisi desain, Toyota mengatakan JPN Taxi didesain untuk mudah dikenali pelanggan dalam sekali pandang dan masih tetap apik dalam sepuluh tahun. Di bagian depan, perusahaan menghadirkan grille khas milik mereka yang sudah ada sejak Crown Sedan dan Crown Comfort. Kaca spin samping tidak terletak pada pilar A, namun di atas kap mesin.

Varian dasar, Nagomi memiliki headlights halogen, sedangkan Takumi menggunakan bi-LED projector. Di sisi samping, kedua varian dibedakan pada desain pelek dan krom pada gagang pintu.

Pada bagian interior mobil Toyota JPN Taxi, hadir dengan berbagai fitur, termasuk pengontrol AC (bagian depan mendapatkan air purifier Nanoe6, taipe takumi memiliki lubang udara di belakang dan atap), GPS navigation, taxi meter, dan berbagai perlengkapan lainnya untuk penumpang. Menariknya, tombol lampu hazard diletakkan pada sisi kanan roda kemudi, hal ini dikatakan Toyota karena fitur sangat sering digunakan oleh produk sejenis ini.

JPN Taxi tersedia dalam tiga pilihan warna, termasuk warna baru koiai deep indigo. Warna ini dikatakan dikembangkan dari sejarah kuno negara, dimana masyarakat Jepang dulu sering menggunakan baju dengan warna itu. Di luar Jepang, warna itu sering disebut Japanese indigo.

Terakhir yang tidak kalah pentingnya, keselamatan. Mobil ini dilengkapi dengan sistem Toyota Safety Sense C (TSS-C) dan enam airbag sebagai fitur standar pada kedua varian, namun Intelligent Clearance Sonar yang mampu mendeteksi benda penghalang dan membantu menghindari kecelakaan dikarenakan akselerasi yang datang secara tiba-tiba masih ditawarkan sebagai opsi.

Mobil Toyota JPN Taxi ini dijadwalkan untuk debut pada Tokyo Motor Show 2017 yang mulai berlangsung akhir pekan ini. Mobil juga akan menyambut para konsumen dari seluruh dunia pada 2020 ketika Tokyo menjadi tuan rumah Olympic dan Paralympic Games.

Untuk masalah harga sendiri, Toyota menawarkan mulai 3,277,800 yen (Rp 3888,6 juta) untuk varian Nagomi dan 3,499,200 yen (Rp 415 juta) untuk Takumi. Toyota menargetkan mobil terjual setidaknya 1.000 unit per bulan dan akan diproduksi di pabrik perusahaan di Higashi-Fuji.