Home Kendaraan Bus BPTJ Akan Tambah 30 Unit Armada Bus Premium Bogor-Jakarta

BPTJ Akan Tambah 30 Unit Armada Bus Premium Bogor-Jakarta

41
0

Jakarta – Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengatakan mereka akan melakukan penambahan jumlah armada bus Transjaodetabek rute Bogor – Jakarta hingga 30 unit. Penambahan ini dikatakan sebagai respon positif yang diberikan masyarakat akan pada rute itu yang lebih baik dibandingkan uji coba rute sebelumnya, Bekasi – Jakarta.

“Penambahannya lebih cepat dibanding yang ke Bekasi kemarin, keterisian penumpangnya sudah sampai 50 persen dan banyak yang minta titik destinasi ditambah,” ujar Bambang.

Namun penambahan jumlah armada bus ini tidak dilakukan secara serentak, tapi secara bertahap peluncuran Transjabodetabek baru saja melalui tahap uji coba. Bus premium rute Bogor – Jakarta diuji sejak 31 Oktober hingga 10 November, sedangkan rute Bekasi – Jakarta diuji pada September 2017 lalu.

Langkah penambahan armada ini, jelas Bambang, dilakukan agar masyarakat lebih tertarik dan juga bisa menggunakan jasa transportasi itu tiap waktu. Pada tahap uji coba yang baru saja selesai, bus hanya memiliki tiga jadwal keberangkatan dan tiga jadwal kepulangan.

“Pak Menteri (Perhubungan) ingin kita tambah dalam jumlah besar biar sekalian masyarakat tertarik lagi, ini jadi campaign (sosialisasi) juga, agar lebih atraktif.”

Bambang mengaku tidak khawatir mengenai area pool bus Transjabodetabek Bogor – Jakarta yang masih menyatu dengan jalur bus Damri dari Jakarta ke sejumlah bandara. Dia optimis dengan antusiasme para penumpang dan penghematan waktu tempuh Bogor – Jakarta dan Bekasi – Jakarta meski pengoperasian Transjabodetabek tak lagi dikawal voorijder. Pengawalan yang sebelumnya dilakukan hanya berlaku pada masa uji coba.

“Pengawalan tak ada tapi jalan terus. (Soal potensi macet) itu nanti kita lihat, ini kan sementara jalan,” ucap Bambang.

Untuk tarif sendiri, Bus Transjabodetabek dibanderol Rp 35 ribu per penumpang. Harga yang memang lebih tinggi itu dikatakan tepat karena menargetkan penumpang kelas menengah atas. Jadwal keberangkatan bus premium ini sendiri dari dari Pul Damri Baranangsiang, Bogor, yakni pukul 05.00 WIB, 05.30 WIB, dan 06.00 WIB. Sedangkan keberangkatan dari Senayan, Jakarta ke Bogor pada sore pukul 16.00 WIB, 16.30 WIB, dan 17.00 WIB.