Home Kendaraan Niaga Truk Scania Mulai Gunakan Teknologi Baru Truk Platooning di Finlandia dan Spanyol

Scania Mulai Gunakan Teknologi Baru Truk Platooning di Finlandia dan Spanyol

387
0

Scania mengumumkan kerjasama dengan perusahaan Finlandia, Ahola Transport dan Acontral di Spanyol untuk menjalankan teknologi transportasi di jalanan kedua negara tersebut.

Pengumuman akan adanya platooning pada bidang komersial di Finlandia dan Spanyol ini menandai pelanggan pertama di Eropa yang menyetujui truck platooning semi autonomous di jalanan umum.

Kerjasama dengan Ahola di Finlandia akan fokus pada pengembangan teknologi transportasi baru terkait pada driver assistance.

Ahola Transport akan menggunakan truk dan teknologi Scania pada jalanan Finlandia untuk mencoba formasi platooning semi autonomous dengan tiga atau lebih truk yang terkoneksi. Selama tes berlangsung, pengemudi akan tersedia pada seluruh truk. Namun pengemudi di truk pertamalah yang mengontrol seluruh pleton dan truk dibelakangnya akan mengikuti secara otomatis.

Hans Ahola, CEO Ahola Transport mengatakan, “Untuk kami, ini penting untuk meningkatkan situasi kerja pengemudi kami dengan bantuan teknologi baru. Perencanaan solusi juga membantu kami meraih hal yang diinginkan pelanggan untuk pengiriman lebih cepat. Hubungan kami dengan Scania dimulai sejak truk pertama pada 1959 dan kami sangat puas dengan pengembangan kerjasama hingga solusi baru.”

Dikombinasikan dengan platooning, driver assistance akan membantu pengiriman secara tepat waktu melalui optimasi perencanaan rute dan kecepatan untuk meningkatkan efisiensi transportasi. Selain itu, teknologi platooning baru ini juga berdampak positif terhadap lingkungan dengan meningkatkan arus jalan, pengurangan hambatan dengan platooning ini juga mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi karbon.

Ahola juga mengatakan bahwa dengan teknologi baru ini juga memberikan potensi lebih bagi para pengemudi truk. Karena ketika truk di depan mengontrol platooning, pengemudi di truk belakangnya, misalnya bisa melakukan tugas administrasi. Dengan regulasi yang lebih fleksible pada pengemudi untuk waktu mengemudi dan waktu istirahat, mampu meningkatkan waktu pengemudi truk jarak jauh pulang ke rumah dibandingkan tidur di dalam truk.

Sedangkan Acotral di Spanyol sekarang memiliki dua konvoi platooning dengan truk Scania yang beroperasi di rute Ribarroja–Getafe dan Valladolid–Getafe.

Selama beberapa bulan persiapan, Scania dan Acotral bekerja bersama untuk menerapkan sistem transportasi pintar di jalanan Spanyol.

Mengikuti pelatihan praktek dan teori para pengemudi, tes mengemudi sekarang dilakukan pada operasi transportasi yang sebenarnya. Dua konvoi tiga truk Scania R 450 sekarang beroperasi antara Ribarroja dan Gettafe, dan Valladolid dan Gettafe, dengan jarak 350 dan 200 km. Acotral dan Scania akan terus berkendara di jalur ini hingga akhir April, ketika hasilnya akan dianalisa untuk mempertimbangkan pengembangan tambahan rute.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here