Home Kendaraan Truk Volvo Kembali Memperkenalkan Turbocompound

Volvo Kembali Memperkenalkan Turbocompound

155
0

Otoniaga.com – Setelah absen selama lima tahun, Volvo Trucks memperkenalkan kembali dia mesin dengan turbocompound yang akan hadir pada dua mesin 13-liter yang memiliki keluaran tenaga hingga 500 hp.

Mesin ini mengusung piston dengan interior berbentuk gelombang yang sudah dipatenkan, mampu meningkatkan pembakaran dan efisiensi dengan memandu panas dan energi ke pusat silinder. Kelebihan energi pada gas buang lalu digunakan untuk memberi daya pada mesin melalui turbin tambahan dalam aliran gas buang, inilah yang disebut unit Turbo Compound.

Sebelumnya, beberapa tahun lalu Volvo telah menjual mesin dengan sistem semacam Turbocompound, namun mulai dihentikan sejak tahun 2013.

Menurut Volvo, mesin D13TC mampu menghasilkan torsi ekstra hingga 300 Nm, yang berarti lebih sedikit akselerasi dan bahan bakar diperlukan untuk menjaga kecepatan tetap dalam lalu lintas jalan raya. Fitur lain dari I-Save termasuk rear axles baru, sistem navigasi peta terbaru berbasis sitem I-See yang mampu menganalisa dan membuat kendaraan beradaptasi dengan medan yang dilalui. Termasuk perangkat lunak pemindah gigi yang dioptimalkan untuk aplikasi jarak jauh.

Dengan semua fitur dan teknologi tersebut mampu menghasilkan penghematan biaya bahan bakar hingga 7% dibandingkan dengan mesin D13 Euro 6 Step D. Fitur-fitur baru akan dijual dengan nama I-Save.