Home Kendaraan Jokowi Naik Pickup Esemka yang Mirip Changan Star Truck

Jokowi Naik Pickup Esemka yang Mirip Changan Star Truck

2507
0

BOYOLALI – Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik mobil PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, pada hari ini (6/9).

Menurut Joko Widodo mobil Esemka merupakan brand dan prinsipal Indonesia yang sudah dirintis kurang lebih 10 tahun lalu oleh para teknisi, oleh anak-anak SMK (Sekolah Menengah Kejuruan).

Kendaraan pickup yang dicoba oleh Jokowi adalah Esemka Bima bermesin 1.243cc 4-silinder DOHC bertenaga 72 kW dan bertorsi 119 Nm. Harga Esemka Bima Rp 95 juta off-the-road. Dari desainnya, secara sepintas mirip dengan Changan Star Truck dari China.

Changan Star Truck
Changan Star Truck

“Tadi tanya ke manajemen harganya berapa, pak? Rp95 juta off-the-road, ya murah. Feeling saya laku keras. Kualitasnya cukup baik. Kalau ada kurang-kurang sedikit, maklum karena  produksi pertama. Tapi secara umum, sudah sangat bagus untuk sebuah produksi pertama, baik dari sisi desain, nyetirnya juga enak,” kata Jokowi.

Sementara Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan peresmian pabrik Esemka senantiasa memberikan efek berganda bagi perekonomian, seperti membuka lapangan kerja baru.

“Pada tahap awal akan menyerap 300 tenaga kerja untuk satu shift. Kalau kapasitasnya nanti bertambah, tentu bertambah juga jumlah tenaga kerjanya. Ini untuk tenaga kerja lokal,” ungkapnya. [Itn]