Home Kendaraan Niaga Pickup Tata Sebut untuk Angkutan Bisnis Pickup Ace EX2 Lebih Menguntungkan

Tata Sebut untuk Angkutan Bisnis Pickup Ace EX2 Lebih Menguntungkan

587
0

Jakarta – PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) mengklaim dalam hitung-hitungan bisnis, pickup Tata Ace EX2 jauh lebih menguntungkan. Mesin dieselnya yang berkapasitas 700 cc irit dan biaya perawatannya mudah dan murah.

“Bicara soal angkutan bisnis, tentu dimulai dari investasi kepemilikan, ongkos operasional – termasuk biaya perawatan – hingga depresiasi aset. Nah, pickup Tata Ace EX2, dirancang dan dibuat dengan pendekatan seperti itu. Artinya, ini sangat pas dengan mereka yang menjadikan kendaraan sebagai bagian dari operasi bisnis untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya,” papar Public Relation Manager TMDI, Kiki Fajar Harianto, dalam pesan singkat, Selasa (15/11).

Menurut Kiki, dari hasil riset di lapangan terhadap pengguna pickup tersebut serta hasil uji di internal Tata Motors di Indonesia diketahui, penghematan biaya operasional dengan menggunakan Tata Ace EX2 mencapai Rp 2,7 per bulan. Hal itu, lanjutnya, didasarkan perbandingan dengan pickup berbahan bakar bensin dan berdasar harga BBM pada April lalu.

Dia menyebut, konsumsi bahan bakar pickup Tata ini mencapai 18-20 km/liter. Sehingga, dengan harga BBM solar yang sebesar Rp 5.150 per liter (harga April hingga saat ini), maka total biaya untuk BBM hanya Rp 1.430.556 per bulan.

“Sedangkan biaya servis saban bulannya tercatat hanya Rp 623.680,” kata dia. (lihat tabel 1).

Namun, yang juga perlu dipertimbangkan calon pembeli adalah investasi untuk pembelian kendaraan agar bisnis yang dijalankan nantinya menguntungkan. Dia menyebut dengan harga on the road yang hanya Rp 81,5 juta dan jika ingin kredit dalam jangka waktu 4 tahun, maka uang muka atau down payment yang harus dibayar calon pembeli hanya Rp 10 juta.

Dengan demikian, lanjutnya, angsuran pembayaran kredit saban harinya hanya Rp 67 ribuan, atau jika dibayar per bulan hanya Rp 2,033 juta. “Artinya, ini sangat cocok dan pas bagi pebisnis terutama di saat ekonomi seperti sekarang ini. Dengan cicilan harian, pembeli juga diharapkan bisa mengukur kemampuannya dan bisa mengira-ngira, seperti apa performa bisnisnya. Sehingga, usaha mereka juga akan berkembang,” paparnya.

Terlebih, mobil ini juga memiliki kapasitas angkut atau muatan hingga 1 ton lebih. Performa mesinnya juga cukup oke. (lihat tabel 2).

Performa inilah yang memantik minat artis kondang Titi Kamal dan suaminya aktor Christian Sugiono menjadikan pickup tersebut sebagai angkutan bisnisnya. Titi menjadikan Tata Ace EX 2 sebagai food truck untuk bisnis kuliner miliknya yang berlabel ‘Ayam Jerit’.

“Alasannya, pertama karena mobil ini bermesin kecil dan berbahan bakar solar. Selain irit, ongkos BBM-nya murah. Kedua, ukurannya kompak sehingga bisa menembus jalanan sempit atau berlalu-lintas padat yang ada di berbagai sudut kota. Dengan begitu kita bisa lancar dalam mobilitas. Nah, kenapa kami memilih foodtruck karena sifatnya yang mobile, sehingga jika hari ini di satu lokasi sepi, bisa berpindah ke tempat lain. Saya rasa, investasi yang rasional (menggunakan Tata Ace EX20,” papar Christian Sugiono saat member testimony di ajang GIIAS 2016.

Marketing Manager TMDI Wilda Bachtiar menambahkan, dilihat dari depresiasi nilai kendaraan memang tak ubahnya dengan kendaraan-kendaraan merek dan jenis lain. Namun, lanjutnya, dilihat dari sisi fungsi, Tata Ace EX2 memiliki keunggulan tersendiri karena oleh Tata Motors dirancang memiliki masa pakai yang lebih panjang.

Untuk menunjang itu, lanjutnya, TMDI juga memberi garansi hingga tiga tahun. Suku cadang pun mudah didapatkan karena agen pemegang merek dan distributor Tata di Indonesia ini bekerjasama dengan outlet-outlet independen.

“Begitu pun dengan servisnya, kami mendidik 1.000 orang mekanik independen sebagai pengenalan produk sekaligus membuat mereka terampil jika harus menangani kendaraan Tata. Sehingga, tidak ada kata kendaraan Tata rusak karena tidak tertangani dengan baik,” papar Wilda. (Ara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here