Home Kendaraan Niaga Truk T-Pod Truk Elektrik Tanpa Sopir Segera Diuji Coba Tahun Ini

T-Pod Truk Elektrik Tanpa Sopir Segera Diuji Coba Tahun Ini

235
0

Gothenburg – Truk listrik tanpa sopir bisa saja berjalan di jalanan Swedia tahu ini setelah startup di lokal, Einride, meluncurkan prototype dari trik T-pod. T-Pod sendiri merupakan truk full listrik tanpa pengemudi dengan jarak tempuh 200 km dan didesain untuk menggantikan truk kecil dan menengah pada perjalanan jarak dekat.

Tapi yang membedakan Einride T-pod dengan truk autonomous lainnya adalah bisa dikendalikan dengan remote control. Kendaraan T-pod ini akan berjalan secara autonomous pada jalan tol, kemudian memasuki daerah perkotaan, kemudian ‘sopir’ akan mengambil alih dengan remote control dan mengarahkan T-pod ke akhir dari tujuan. Tentu saja T-pod terus dipantau ketika berjalan secara autonomous dan sopir dapat mengambil alih ketika dibutuhkan.

Dengan cara ini, pengemudi tidak lagi butuh untuk jauh dari rumah, tidak membutuhkan waktu tidur dan truk lebih sedikit untuk berhenti.

Truk T-pod sendiri memiliki diameter tujuh meter dan karena tidak memiliki kabin, dan tidak memiliki tempat duduk, kendaraan ini mampu mengangkut lebih banyak barang dan total sebesar 20 ton.

Perusahaan memiliki target 200 armada T-pon beroperasi di Swedia hingga 2020 nanti. Rencananya uji coba rute pertama kota Gothenburg dan Helsingborg akhir tahun ini.

Einride berencana melakukan uji coba armada pertama pada 2018 dan founder mengatakan meski saat ini hukum belum melakukan uji coba pada kendaraan tanpa sopir, secara teknis tidak ilegal menggunakan truk di jalanan Swedia. Negara Swedia memang mendukung perkembangan kendaraan autonomous dengan memberikan ijin pada kendaraan tanpa awak, dan meski belum ada hukum yang mengikat saat ini, perusahaan meminta ijin untuk melakukan uji coba lebih cepat.

Perusahaan mengatakan bahwa akan membangun jaringan stasiun pengisian untuk perjalanan lebih jauh, tapi T-pod juga dapat melakukan pengisian dalam perjalanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here