Home Kendaraan Niaga Pickup Mercedes-Benz X-Class Pickup Truk Resmi Meluncur

Mercedes-Benz X-Class Pickup Truk Resmi Meluncur

347
1
Mercedes-Benz X-Class Pickup Truk

Stuttgart – Kita sudah menantikan mobil pickup Mercedes-Benz sejak diumumkan pada 2015, dan setelah dua mobil konsep, akhirnya versi produksi diperkenalkan. Mercedes-Benz X-Class dikatakan sebagai mobil pickup truk pertama di segmen premium, dan akan dijual di Eropa mulai November mendatang.

Meskipun produk pickup Mercedes-Benz ini dibuat dengan basis Nissan NP300 Navara yang tampak jelas pada bagian tengah kabin, namun mobil memiliki desain unik tersendiri. Pada bagian depan, hadir dengan bentuk orisinal dari Mercedes, headlight berbentuk C dengan grille besar yang menjadi trademark tersendiri.

Beberapa bagian depan mobil juga tampak seperti pada versi terbaru facelift GLA, seperti pada twin grille, sedangkan pelindung bumper di bawahnya, dan diapit oleh twin fog lights. Pada bagian samping, lebih berbentuk kotak dibandingkan pada desain bundar milik Navara untuk memberikan kesan lebih gagah. Pada bagian belakang, hadir dengan lampu berbentuk C.

Pada bagian dalam, X-Class lebih memberikan kesan sebagai mobil Mercedes, dengan lobang AC berbentuk bundar dan banyak elemen lainnya, seperti roda kemudi, instrument cluster, COMAND infotainment system dan tombol lampu yang didapat dari Mercedes-Benz C-Class.

Sebagai produk dari Mercedes, tentu saja X-Class ini hadir sebagai kendaraan mewah meski hadir sebagai mobil pickup. Seperti pada dashboard kulit, jok yang diatur secara elektrik. Terdapat juga COMAND Online navigation system terbaru dengan layar berukuran 8,4 inci.

Pada peluncuran, Mercedes-Benz X-Class pickup truk tersedia dalam beberapa varian, X 220d dan X 250 d. Tidak seperti jajaran produk mobil diesel Mercedes lainnya, mobil ini tidak ditenagai oleh mesin 2.2 liter milik perusahaan yang banyak ditemui, akan menggunakan versi lebih kecil dari mesin 2,3 liter empat silinder milik Renault yang digunakan pada Navara. Dengan satu turbo, mesin mampu menghasilkan tenaga 163 hp pada model X 220 d dan twin turbo bertenaga 190 pada tipe X 250 d.

Selain mesin turbo, X-Class juga akan hadir dengan mesin bensin bertenaga 165 hp untuk pasar seperti Dubai dan Moroko. Kemungkinan menggunakan mesin QR25 2,5 liter natural aspirated yang diambil dari Nissan Teana. Seluruh model hadir dengan sistem gerak roda belakang dan transmisi manual enam percepatan, dengan model diesel dapat berganti ke sistem gerak empat roda. Transmisi otomatis tujuh percepatan tersedia sebagai opsi pada model X 250 d.

Varian yang lebih tinggi, X 350 d mulai ditawarkan pada pertengahan 2018 dengan sumber tenaga dari Mercedes sendiri, 3.0 liter turbodiesel V6 yang mampu menghasilkan tenaga 258 dan torsi 550 Nm. Varian tertinggi juga akan mendapat transmisi tujuh percepatan 7G-Tronic Plus sebagai standar dan permanen 4Matic all wheel drive, serta Dynamic Select system dengan mode mengemudi Comfort, Eco, Sport, Manual dan Offroad.

Terkait keselamatan, Mercedes-Benz X-Class mendapatkan fitur tujuh airbag sebagai standar, juga Active Brake Assist, Lane Keeping Assist, dan Traffic Sign Assist. Ditawarkan juga Trailer Stability Assist, sistem pengontrol tekanan ban, emergency call, cruise control, LED highlight dan kamera 360 derajat.

Setelah Eropa, X-Class akan ditawarkan di Afrika Selatan, Australia dan Selandia baru pada awal tahun depan, Argentina dan Brasil pada 2019. Produk yang dipasarkan di Eropa, Afrika Selatan dan Australia diproduksi pabrik Nissan di Barcelona, sedangkan untuk pasar Amerika Selatan dari pabrik Renault di Cordoba, Argentina. Dan yang tidak kalah pentingnya, mengenai harga, di Jerman dipasarkan mulai €37,294 atau sekitar Rp 572 jutaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here