Home Kendaraan Niaga Bus Daftar Rute dan Harga Tiket Bus Tingkat AKAP di Indonesia

Daftar Rute dan Harga Tiket Bus Tingkat AKAP di Indonesia

10996
0
Bus Mercedes-Benz Double Decker Terbaru milik Lorena dan Karina
Bus Mercedes-Benz Double Decker Terbaru milik Lorena dan Karina

Kehadiran bus tingkat (double decker) sebagai armada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) telah menjadi tren tersendiri bagi Perusahaan Otobus (PO) di Tanah Air. Fasilitas mewah bus tingkat, mulai dari kursi nyaman, AC, toilet, video audiio on demand, makanan dan snack, mini bar hingga tempat tidur tersedia di bus tingkat AKAP.

Penggunaan bis tingkat untuk melayani rute angkutan kota antar provinsi (AKAP) di Indonesia ternyata sudah biasa. Khususnya di daerah Sumatera, sejak 2015 banyak PO bus yang menggunakan bus tingkat untuk melewati jalur Medan-Aceh. Sementara di Jawa dimulai oleh PO Putera Mulya pada Desember 2016, lalu disusul PO Efisensi, PO Agra Mas dan Lorena -Karina dan menyusul beberapa PO lain.

Berikut ini adalah daftar rute perjalanan dan harga tiket (tarif) bus tingkat AKAP di Indonesia.

Rute dan Harga Tiket Bus Tingkat AKAP

PO Sempati Star

Perusahaan Otobus ini menghadirkan bus tingkat di Sumatera yang melayani rute Medan-Banda Aceh. Untuk harga tiket, kursi bagian atas dikenakan tarif Rp 250.000, kursi bagian bawah Rp 430.000.

PO Pelita Paradep

Melayani rute Kualanamu – Pematang Siantar, dengan tarif sekitar Rp 50.000 – 60.000. Bus tingkat Paradep juga melayani pemesanan untuk pariwisata.

PO Efisiensi

Melayani rute Yogyakarta – Cilacap, Yogyakarta-Purwokerto, dan Kebumen – Yogyakarta. Tarif kursi lantai atas Rp 110.000 dan tarif kursi di lantai bawah Rp 120.000.

PO Sinar Jaya

Melayani rute Jakarta – Pekalogan dan Jakarta – Pemalang dengan tarif Rp 125.000.

PO Lorena dan Karina

Melayani rute Jakarta – Madura serta Jakarta- Surabaya – Malang. Tarif berkisar Rp 450.000.

PO Putera Mulya

Melayani rute Jakarta-Solo-Wonogiri dan Bogor-Solo-Wonogiri. Tarif untuk kursi bawah dihargai Rp 325.000 dan kursi atas Rp 225.000.

PO Agra Mas

Melayani rute Jakarta – Wonogiri yang dikenakan tarif berkisar Rp 225.000 – Rp 250.000.

Serta Rute Jakarta – Jepara dengan harga tiket berkisar Rp 215.000 – Rp 310.000. (Bus Tingkat Agra Mas Jakarta-Jepara)

Harga tiket bus tingkat di atas dapat mengalami perubahan sesuai waktu dan periode saat pembelian tiket. Pembelian tiket bus harus dilakukan di agen penjualan PO, namun beberapa sudah dapat dilakukan melalui pemesanan online dengan aplikasi maupun situs web.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here