Home Kendaraan Truk PACCAR Pamerkan Truk Autonomous dan Hydrogen di CES 2018

PACCAR Pamerkan Truk Autonomous dan Hydrogen di CES 2018

56
0

Induk perusahaan truk DAF, PACCAR pada ajang pameran teknologi, CES di las Vegas memperlihatkan sejumlah produk, diantaranya adalah truk autonomous Peterbilt dan Kenworth fuel cell.

PACCAR yang sekarang dikepalai oleh Harrie Schippers (mantan CEF DAF Trucks) sejak 1 Januari 2018 lalu memamerkan truk fuel cell Kenworth T680 di CES, Las Vegas pekan ini. Truk ini mengubah hidrogen menjadi listrik untuk memberikan tenaga pada dua motor listrik untuk menggerakkan truk serta mengisi daya baterai. Pada tahap awal pengembangan ini, truk diklaim memiliki jarak tempuh hingga 240 km dengan motor listrik mampu menghasilkan tenaga hingga 565 hp.

Menggunakan daya dari baterai saja, truk mampu menempuh jarak hingga 50 km. Truk dikatakan bisa menjadi kendaraan distribusi dengan teknologi fuel cell yang dinyalakan untuk menghasilkan nol emisi.

“Kenworth hydrogen fuel-cell T680 ini nyata,” kata Stephan Olsen, Kenworth director – product planning. “T680 tengah menjalani uji coba di Seattle dan memiliki performa baik. Langkah selanjutnya adalah uji coba nyata dengan Total Transportation Services Inc. (TTSI) di pelabuhan Los Angeles dan Long Beach di Southern California.”

Kenworth ini merupakan bagian dari project Zero Emission Cargo Transport Demonstration dari PACCAR dengan nilai investasi hingga USD 2,1 juta. Selain Kenworth, PACCAR juga memperlihatkan kendaraan autonomous, Peterbilt 579 yang hadir dengan mesin MX-13.

“Teknologi merubah bentuk industri kendaraan komersial, dan kami yakin Peterbilt merupakan salah satu terdepan dalam pengembangan ini,” terang Kyle Quinn, Peterbilt general manager.