Home Kendaraan Volvo FE Electric, Truk Listrik Kedua Volvo

Volvo FE Electric, Truk Listrik Kedua Volvo

69
0
volvo fe electric

GOTHENBURG — Tiga pekan setelah truk listrik pertama Volvo FL Electric meluncur, sekarang giliran Volvo FE Electric.

Volvo FE Electric merupakan truk listrik kedua Volvo. Truk ini didesain sebagai transportasi distribusi lebih berat dibandingkan FL Electric namun tetap digunakan untuk dalam kota.

Truk dengan berat kotor 27 ton ini akan dijual di Eropa mulai awal 2019. Di Haburg, kota terbesar kedua di Jerman, truk ini akan dimodifikasi oleh Fraun untuk digunakan sebagai truk sampah.

“Dengan diperkenalkannya Volvo FE Electric, kami memiliki berbagai truk bertenaga listrik yang komprehensif untuk operasi kota dan mengambil langkah strategis ke depan dalam pengembangan penawaran total kami dalam solusi transportasi listrik. Ini membuka pintu bagi bentuk-bentuk kerjasama baru dengan kota-kota yang menargetkan untuk meningkatkan kualitas udara, mengurangi kebisingan lalu lintas, dan mengurangi kemacetan selama jam-jam sibuk karena operasi komersial dapat dilakukan secara diam-diam dan tanpa pembuangan emisi di pagi hari atau malam hari,” kata Claes Nilsson, President Volvo Trucks.

Volvo membekali FE Electric dengan dua motor listrik bertenaga 370 kW dan bertorsi 850 Nm. Torsi di axle belakang 29 kNm.

Energi listrik disimpan di baterai Lithium-ion 200–300 kWh. Jarak tempuh truk bisa mencapai 200 kiloemter.

Waktu pengisian baterai dari 0 – 100% sekitar 1,5 jam pada sistem pengisian cepat CCS2 150 kW. Pengemudi butuh 10 jam untuk mengisi baterai di sumber tenaga rendah.

Volvo FE Electric akan ditawarkan dalam beberapa varian untuk berbagai jenis tugas transportasi. Misalnya dengan kabin low-entry, yang membuat pengemudi lebih mudah untuk masuk dan keluar dari kabin dan memberi pandangan memerintah (commanding view) tentang lalu lintas di sekitarnya.

“Solusi kami untuk transportasi bertenaga listrik dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik setiap pelanggan dan setiap kota. Selain kendaraan, kami akan menawarkan semuanya mulai dari analisis rute hingga layanan dan pembiayaan melalui jaringan dealer dan bengkel kami di seluruh Eropa. Kami juga memiliki kemitraan erat dengan pemasok infrastruktur pengisian daya,” kata Jonas Odermalm, Product Line Vice President for the Volvo FL & Volvo FE di Volvo Trucks. [ITN]