Home Kendaraan Bus Scania Kenalkan Konsep Kendaraan Niaga Listrik Otonomi Serbaguna

Scania Kenalkan Konsep Kendaraan Niaga Listrik Otonomi Serbaguna

46
0

Stockholm – Scania mengenalkan NXT, konsep kendaraan listrik otonomi untuk perkotaan, di UITP Global Public Transport Summit 2019 di Stockholm. NXT dirancang untuk meningkatkan fleksibilitas pemindahan dari mengangkut komuter dan pengiriman barang di siang hari dan mengumpulkan sampah di malam hari.

“NXT adalah visi masa depan untuk transportasi di kota-kota. Beberapa dari teknologi ini belum sepenuhnya matang tetapi bagi kami adalah penting untuk benar-benar membangun kendaraan konsep untuk secara visual dan teknis menunjukkan ide-ide tentang apa yang dapat dijangkau,” kata Presiden dan CEO Scania Henrik Henriksson.

“NXT dirancang untuk tahun 2030 dan seterusnya sambil menggabungkan beberapa fitur canggih yang sudah tersedia,” imbuhnya.

Di NXT, modul penggerak depan dan belakang dapat dipasang ke badan bus, badan truk distribusi atau kolektor sampah.

Modul bus sepanjang delapan meter ini dibangun sebagai satu unit komposit, yang secara substansial mengurangi bobot. Baterai sel silinder ditempatkan di bawah lantai, dengan demikian memanfaatkan ruang sia-sia (dead space) selain berkontribusi pada distribusi bobot lebih baik. Dengan bobot kendaraan yang rendah kurang dari delapan ton, daya jelajah baterai saat ini diperkirakan 245 kilometer. [Itn]