Home Kendaraan DFSK Pamer Minivan Listrik GELORA E

DFSK Pamer Minivan Listrik GELORA E

36
0
DFSK GELORA E

JAKARTA – DFSK Gelora E menjadi satu-satunya minivan listrik yang dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020. Bukannya tidak mungkin, DFSK Gelora E akan menjadi minivan listrik pertama di Indonesia ketika dijual secara massal.

DFSK Gelora E menawarkan hemat biaya energi hingga 48%, bebas emisi, serta bergerak dengan sunyi. DFSK Gelora E hanya mengonsumsi 0,145 kWh per kilometer yang setara dengan Rp 239 per kilometer. Catatan ini jauh lebih irit dibandingkan dengan model serupa berteknologi mesin pembakaran (internal combustion engine/ICE) yang mengkonsumsi energinya Rp 463 per kilometer (untuk sebuah mobil dengan rata-rata konsumsi bahan bakar 16,5 Kilometer/liter).

Penggunaan DFSK Gelora E sebagai kendaraan komersial dapat diterapkan di berbagai bidang, terutama di bidang transportasi umum, logistik perkotaan, dan kendaraan khusus yang memiliki kelebihan dan kemampuan beradaptasi lebih unik.

Di bidang transportasi umum dan logistik perkotaan, minivan listrik bertorsi 200 Nm ini didukung dengan pengisian fast charging sebanyak 20-80% hanya membutuhkan waktu 80 menit, dengan jarak tempuh berkendara hingga 300 kilometer. Sedangkan untuk pengisian reguler, DFSK Gelora E memiliki pengisian normal yang cocok untuk lingkungan listrik rumah tangga dengan rata-rata 220V 16A.

“Pada tahun 2003, DFSK memulai penelitian kendaraan energi terbarukan dan secara bertahap membangun pusat riset dan pengembangan (R&D) berskala global di Silicon Valley Amerika Serikat, dan kini telah menguasai teknologi baterai, motor listrik, kontrol elektronik canggih serta teknologi utama lainnya, bahkan telah mendapatkan lebih dari 1.000 lisensi hak paten akan kendaraan listrik. Gelora lahir sebagai sebuah model yang sudah ‘matang’ yang disiapkan DFSK untuk produksi massal, dengan penjualan kumulatif lebih dari 30.000 unit kendaraan dan telah memainkan peran penting dalam banyak bidang seperti logistik perkotaan, transportasi umum, penyelamatan medis, berbagai kebutuhan lainnya,” sambung Alexander Barus, CEO PT Sokonindo Automobile (DFSK).

DFSK Gelora E diperkirakan akan dijual dengan harga Rp489 – 499 juta untuk tipe MB (minibus) dan Rp469 – 479 juta untuk tipe BV (blind van). Estimasi harga Gelora versi listrik tersebut sudah termasuk bea cukai dan tidak termasuk pajak barang mewah.

Kehadiran DFSK Gelora E di GIICOMVEC merupakan salah satu wujud pabrikan asal China ini dalam menyambut era kendaraan listrik di Indonesia, sekaligus menekan jejak karbon. [Itn]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here