Home Kendaraan Niaga Bus Bus Tingkat Terpanjang Dunia Pernah Dimiliki NASA

Bus Tingkat Terpanjang Dunia Pernah Dimiliki NASA

679
0
bus tingkat terpanjang

Munich — MAN NEOPLAN Skyliner merupakan bus tingkat  terpanjang dan terpendek di dunia.

Jika bus double-decker terpendek berada di Jepang, sementara bus tingkat terpanjang Superskyliner berada di Amerika Serikat, Argentina, Chili, dan Afrika Utara.

Salah satu pemilik bus tingkat terpanjang adalah NASA (National Aeronautics and Space Administration) yang membeli 14 bus. Masing-masing bus memiliki panjang 14.5m, lebar 2.60m dan tinggi 4.10m, dan empat axle.

Bus-bus tersebut digunakan oleh NASA untuk mengantarkan para pengunjung kompleks mereka, The Kennedy Space Center di Florida. Mereka beroperasi selama 24 jam selama beberapa tahun melayani para pengunjung.

Menurut Bob Lee, direktur dan perekayasa NEOPLAN saat itu, karena Florida memiliki cuaca panas yang luar biasa, maka dirinya merancang jendela-jendela bisa dibuka ke luar sekaligus bisa digunakan dalam keadaan darurat.

“Pijakan-pijakan kaki dilebarkan dan kami menggunakan headlight 12V. Bagian bumper depan diuji tabrak, di mana tidak boleh ada deformasi mencolok pada kecepatan 4.8 km/jam,” kenangnya.

Dia juga menceritakan bahwa mesin bus diambil dari Detroit dan transmisi otomatisnya dari Allison untuk memudahkan perawatan. [Itn]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here